Babat Bali United 4-0, PSM Kembali Bertengger di Puncak Klasemen Liga 1

  • Whatsapp

MAKASSAR — PSM Makassar berhasil menambah pundi tiga poin usai melibas Bali United dalam laga lanjutan kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2018 pekan ke-32, Minggu 25 November 2018 dengan skor meyakinkan 4-0.

Hasil ini membuat asa Persija Jakarta untuk bisa meraih gelar juara Liga 1 2018 semakin menipis.

Dalam pekan ke-32 di kandang sendiri, antara PSM vs Bali United,  PSM bermain cemerlang.

Gol perdana bagi PSM tercipta di menit ke 10 oleh kaki Zulham Zamrun hasil set piece (tendangan bebas) yang dieksekusi Wiljan Pluim dari jarak sekitar 15 meter. Umpan lambung dari Wiljan Pluim ini disambut Zulham yang langsung melepaskan sepakan keras ke gawang Wawan Hendrawan. Gooool 1-0.

Marc Anthony Klok menggandakan keunggulan PSM pada menit ke-39 lewat titik putih. Penalti ini berawal dari serangan yang dibangun pemain PSM dari sisi kanan pertahanan Bali United. Bola yang disepak Rahmat mengenai Sandro. Bola kemudian terpantul ke depan. Melihat ada peluang, Marc Klok lalu berlari untuk menyambut bola. Namun ia ditekel keras kiper Wawan Hendrawan sehingga wasit Musthofa Umarella langsung menunjuk titik putih, tanda penalti buat PSM. Permainan kedua tim berjalan dengan tensi yang tinggi sepanjang 45 menit pertama permainan.

Di babak kedua, kerja sama apik Pluim, Rizky Pellu, dan Ferdinand ‘The Dragon’ Sinaga membuahkan gol ketiga Juku Eja di menit ke 82.

Menit 90, PSM kembali menambah keunggulan. Brace dari Ferdinand Sinaga membuat skor berubah bagi keunggulan PSM Makassar 4-0 atas Bali United.

Kemenangan atas Bali United ini pun membuat PSM kembali bisa memuncaki tabel klasemen Liga 1 2018 dengan torehan 57 poin.

Tak hanya sekedar kembali ke puncak klasemen, kemenangan atas Bali United ternyata bermakna lebih untuk PSM Makassar.

Pasalnya, kemenangan tersebut sekaligus membantu menipiskan peluang saingan PSM Makassar, yakni Persija dalam upaya menjuarai gelaran Liga 1 2018.

Penentuan Juara di Laga Pekan ke-33

Gelaran Liga 1 2018 tinggal menyisakan dua laga lagi. Perburuan gelar juara pun tinggal berkutat pada dua tim saja, yakni PSM dan Persija.

Namun, peluang juara kini sepertinya lebih condong ke kubu PSM Makassar. Hal itu melihat posisi PSM yang sudah kembali bisa memuncaki klasemen sementara.

Terlebih bila kondisi yang terjadi di laga pekan ke-33 nanti, PSM bisa meraup kemenangan lagi, dan Persija kalah dari Bali United. PSM dipastikan bakal menjadi juara Liga 1 2018 dengan torehan 60 poin.

Ya, bila Persija kalah dari Bali United di laga pekan ke-33, raihan poinnya tentu masih tertahan di angka 56. Raihan Persija itu otomatis sudah tak mungkin mengejar raihan PSM, mengingat Liga 1 2018 tinggal menyisakan satu laga lagi.

Susunan Pemain

PSM Makassar (4-2-3-1): Hilman Syah; Zulkifli S, Steven Paulle, Abd Rahman, Hasim Kipuw (belakang); Marc Klok, Rizky Pellu, Rahmat, Wiljan Pluim, Zulham Z (tengah); Alessandro F (depan)

Pelatih: Robert Alberts

Bali United (4-3-3): Wawan H; Made Andhika, Dallen Doke, M. Ndiaye, Taufik Hidayat (belakang); Syaiful Indra, Gede Sukadana, Nick Van der Velden (tengah); Melvin Platje, I. Spasojevic, Hanis S (depan)

Pelatih: Widodo Cahyono Putro

(IST/**)

Pos terkait