Bagi Penggemar Ketoprak di Kota Pekanbaru, Wajib Mencoba di Dua Tempat Ini

AKTIVIS RIAU LARSHEN YUNUS
Keterangan Foto : Usaha Ketoprak Jakarta milik Kang Giri, yang berlokasi di Jalan Lobak, Kelurahan Delima - Kecamatan Tampan.

Mukadimah Oleh : Tn. LARSHENYUNUS  (Ketua Umum Asosiasi Penikmat Ketoprak Indonesia) 

“Jadi, asal muasal nama makanan KETOPRAK muncul ketika seorang pemuda penggemar kuliner di daerah Cirebon mencoba untuk membuat suatu makanan yang berbeda dari makanan umumnya, yang pada saat itu dan dijual di gerobak makanannya. Pemuda tersebut kemudian mencampur bahan makanan berupa bawang putih, kacang tanah, ketupat, cabe, tahu, bihun.  Setelah selesai membuat makanan baru itu, pemuda tadi masih kebingungan mencarikan nama yang menarik untuk jenis makanannya yang baru ia ciptakan.  Sambil membawa makanan yang siap dihidangkan dan hendak diletakkan di gerobak makanannya, tiba-tiba piring makanan siap saji itu terlepas sehingga mengeluarkan bunyi :  “Ketuprang…ng… Begitupun gerobak dagangannya terjatuh dan berbunyi Gedubrakkk…. Pemuda tadi berpikir,  kenapa makanan ini aku tidak namakan saja sekalian dari bunyi piring dan gerobaknya yang terjatuh. Ketoprak ! Asal kata dari “Ketuprak” bunyi dari jatuhnya piring dan gerobak makanannya.  Nah, begitulah asal muasal nama makanan ketoprak yang sering sobat makan di pinggir jalan dan telah melegenda seantero indonesia raya”

Bacaan Lainnya

AKTIVIS KULINER INDONESIA LARSHEN YUNUS
Keterangan Foto Ilustrasi Ketoprak, Makanan Khas Indonesia.

PEKANBARU, MEDIADUTAONLINE.COM – –  Apakah anda penggemar makanan Ketoprak ?  Jika iya anda tidak akan kesusahan menemukan makanan ini, Mengapa ? Karena Ketoprak adalah salah satu jenis makanan khas Indonesia yang menggunakan ketupat atau juga lontong yang mudah dijumpai. Biasanya ketupat dijajakan dengan menggunakan kereta dorong di jalan-jalan atau di kawasan kaki lima.

Bumbu kacang di Ketoprak membuat rasa khas dari Ketoprak itu sendiri dan bahkan terkadang bikin ketagihan. Selain lontong atau ketupatnya, memang yang menjadikan Ketoprak enak adalah bumbu kacangnya. Apalagi jika perpaduan bumbu-bumbu lain di dalamnya bisa tercampur dengan pas, maka rasanya bisa enak sekaliiiiiii.

Salah satu Ketoprak yang mungkin cukup terkenal dan populer adalah Ketoprak Cirebon. Layaknya sate madura, soto betawi dan mie aceh yang di ‘branding’ dari nama daerah pembuatnya. di kota kita pun ada Ketoprak Cirebon yang terbagi atas dua nama yang berbeda.  Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa Alamat Warung Makan Ketoprak di Kota Pekanbaru, yang bisa saja anda Kunjungi  ketika “pengen” makan Ketoprak. Tenang saja bro and sist……. untuk urusan harga, Ketoprak termasuk ke dalam makanan yang merakyat loh !!! Harganya pun dibuka mulai dari  Rp  8.000 (Delapan Ribu Rupiah)  keatas,  bahkan masih ada yang di bawah harga tersebut  (InshaAllah).

Adapun Nama, Lokasi atau Tempat Ketoprak yang dimaksud, antara lain :

1. KETOPRAK  JAKARTA milik Kang Giri  (Pesan : 0813-7487-2323),  yang beralamat di Jalan Lobak (Dekat Pendakian), Kelurahan Delima – Kecamatan Tampan.  Ketoprak tersebut memiliki Cita Rasa yang sangat Khas, perpaduan bumbu dan rempah-rempah yang segar. Buka setiap hari, mulai dari jam 07.00 pagi  s/d  jam 12.00 siang.

2. KETOPRAK  MANGGA  DUA  milik  Pak Jenggot,  yang beralamat di Jalan Ketitiran (Dekat Masjid milik Muhammadiyah), masuk dari Jalan KH Ahmad Dahlan, Kecamatan Sukajadi.  Ketoprak tersebut mempunyai bumbu yang spesial, dicampur dengan tahun yang baru digoreng terasa lebih nikmat. Buka setiap hari, mulai dari jam 08.00 pagi  s/d  jam 18.00 sore.

Semoga Informasi ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua, wabbilkhusus kepada para Pecinta Kuliner Indonesia,   Fastabiqul Khairat – Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Pos terkait