BPOM Turun ke Jalan Pastikan Jajanan Berbuka Puasa di Palopo Aman

  • Whatsapp

MEDU-ONLINE.PALOPO — Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Palopo Turun ke lapangan memastikan jajanan menu berbuka puasa aman dikonsumsi masyarakat Kota Palopo.

“Kami sudah mengecek para pedagang yang menjual jajanan berbuka, masih aman dikonsumsi dan tidak mengandung zat berbahaya,” kata Kepala BPOM Kota Palopo, Mardianto, Kamis 29/4/2021.

Mereka telah melakukan pengecekan di beberapa lokasi penjualan jajanan berbuka puasa dan sudah mengumpulkan beberapa sampel untuk diuji.

“Hasilnya sudah disimpulkan semua jajanan yang dijual aman dikonsumsi warga, hanya saja kami mengimbau penjual untuk menghindari jajanan kedaluwarsa,” ujarnya.

Pemeriksaan jajanan buka puasa, ujar Mardianto ini dilakukan setiap pekannya. BPOM membagi beberapa tim untuk melakukan pemeriksaan dan pengawasan terkait jajanan makanan dan minuman yang dijajakan pedagang.

Meski demikian, pihaknya mengimbau para penjual dan pembeli jajanan untuk disiplin untuk menggunakan masker dan sarung tangan, terutama bagi penjual, agar di tengah pendemi ini mereka terhindar penyebaran COVID- 19.

“Kalau masker pantauan kita mayoritas sudah pakai masker. Namun, untuk sarung tangan, penjual lebih suka menggunakan penjepit untuk mengambil makanan,” ujarnya.

Pemeriksaan makanan dari bahan berbahaya, khususnya selama Bulan Ramadan ini, akan terus dilakukan BPOM di seluruh wilayah Kota Palopo.

“Ini untuk memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang sedang menjalankan ibadah puasa,” tandasnya. (*)

Pos terkait