BPUM Kini Bisa Dicairkan Begini Prosesnya

  • Whatsapp

MEDU-ONLINE.PALOPO — Pemerintah menyalurkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM pada 2021 ini.

Diketahui BLT UMKM 2021 telah kembali disalurkan pada 9,8 juta pelaku usaha mikro.

Adapun besaran bantuan yang diberikan kali ini adalah sebesar Rp 1,2 juta setiap penerima sebagaimana sesuai dengan Peraturan Kemenkop UKM Nomor 2 Tahun 2021.

Deputy Branch Maneger BNI Cabang Palopo, Muhammad Syafri Djabir saat ditemui di kantornya, Jl. Dr. Ratulangi pagi tadi mengungkapkan bahwa untuk mengetahui nama yang mendapatkan bantuan itu, masyarakat dapat melihat di laman website yang telah disediakan oleh pihak Bank.

“Jadi kami telah menyiapkan sebuah link, agar masyarakat dapat mengetahui siapa saja yang kembali mendapatkan bantuan UMKM,” katanya, Rabu (21/4/2021).

Masyarakat dapat melihat nama-nama yang berhak mendapatkan bantuan tersebut melalui link https://banpresbpum.id/

“Sehingga jika nama mereka terdapat didalam link tersebut, barulah mereka datang ke Bank untuk melengkapi persyaratan dalam proses pencarian,” lanjutnya.

Adapun persyaratan yang harus dilengkapi untuk proses pencairan bantuan UMKM itu yakni masyarakat harus membawa Buku Tabungan, Kartu ATM dan Identitas Diri (e-KTP), serta Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM).

Menurut Syafri, untuk SPTJM sendiri disediakan oleh pihak bank dan dapat diambil oleh masyarakat yang namanya tercantum sebagai penerima bantuan.

“Untuk SPTJM nya itu kami yang sediakan, nantinya masyarakat yang datang akan diberikan surat tersebut, kemudian untuk mengantisipasi adanya penumpukan, masyarakat diberikan rentang waktu antara pengambilan dan pengembalian,” jelasnya.

“Misalnya, masyarakat datang untuk mengambil SPTJM pada hari Rabu, kami menginformasikan untuk mengisi surat itu di rumah dan dibawa kembali 1/2 hari kedepan, beserta kelengkapan berkas lainnya untuk pencairan,” lanjutnya. (*)

Pos terkait