Bupati Apresiasi Dialog Virtual JOIN Bantaeng

  • Whatsapp

 

Bantaeng, meduonline.co.id | Dewan Pengurus Daerah (DPD) Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Kabupaten Bantaeng menggelar “Dialog Virtual”, Selasa 3 Agustus 2021.

Dialog virtual digelar JOIN Bantaeng demi mendorong kebangkitan ekonomi daerah di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 ( Covid-19).

Berdasarkan pantauan media ini, dialog virtual dibuka oleh Direktur Pusdiklat Jurnalis Online Indonesia, Zulkarnain Hamson, S.Sos., M.Si., menghadirkan Bupati, Dr. H. Ilham Syah Azikin, M.Si., bersama Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN), H. Sahabuddin serta Sekretaris Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Bantaeng, Ardiansyah Fatahuddin menjadi pembicara.

Tampak juga dalam dialog virtual Ketua DPW JOIN Sulawesi Selatan, Dr. Arry AS, S.Ikom., SH., MH., CPCE bersama Sekjen DPP JOIN, Julhan Sifadi serta para Ketua DPD JOIN Se Sulawesi Selatan dan sejumlah anggota juga Jurnalis lainnya.

Membuka dialog, Zulkarnain memaparkan dorongan motivasi kepada pemerintah daerah dalam membangkitkan gairah ekonomi daerah pada masa pandemi saat ini.

Zulkarnain menyebutkan bahwa di masa Pandemi tentu pemerintah sangat membutuhkan berbagai elemen masyarakat dan stackholder agar bisa keluar dari berbagai kesulitan disebabkan Pandemi Covid-19.

Dalam paparannya, Zulkarnain yang juga merupakan Wakil Rektor IV Universitas Indonesia Timur, siap membantu Pemda, Kadin dan Hipmi Bantaeng dalam program juga publikasi program kedepan.

“Pusdiklat Jurnalis Online Indonesia akan selalu siap dalam membantu Pemda, Kadin dan Hipmi Bantaeng pada setiap program sekaligus publikasi programnya kedepan,”paparnya.

Dalam diskusi yang mengusung tema strategi membangkitkan ekonomi daerah ini, Ilham Syah Azikin menyampaikan apresiasinya kepada DPD JOIN Bantaeng dan Pusdiklat Jurnalis Online Indonesia.

Kata Ilham, kegiatan ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri karena bisa menjadi spirit di tengah pandemi covid saat ini.

Diskusi tentang menggairahkan ekonomi masyarakat ini menjadi momentum mengembalikan semangat untuk terus berinovasi di sektor perekonomian.

Sementara Ketua KADIN yang juga Wakil Bupati Bantaeng, Sahabuddin memaparkan bahwa program unggulan Ilham Syah sejauh ini mendorong tumbuh kembang ekonomi kerakyatan.

Seperti pada program Bantuan Modal Usaha berbasis dusun RT/RW, serta seragam sekolah gratis. Dua di antara program unggulan Bupati dan Wabup Bantaeng ini mendukung keberlangsungan UMKM.

Dalam dialog virtual, Sekretaris HIPMI Bantaeng, Ardiansyah Fatahuddin menuturkan bahwa HIPMI akan terus mendorong peningkatan kualitas para pelaku UMKM.

Menurutnya, hal yang harus dilakukan di tengah disrupsi teknologi saat ini, yaitu memberikan bimbingan kepada pelaku UMKM untuk bisa memanfaatkan teknologi informasi.

“Kita tentunya berkomitmen bahwa HIPMI merupakan mitra Pemerintah. Kondisi hari ini dimana bangsa sedang dilanda musibah pandemi, HIPMI kemudian berperan memberikan pendekatan kepada pelaku UMKM untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan situasi sekarang,”tukasnya.

“Sampai hari ini kami berbicara dengan UMKM, terkendala di pemasaran. Karena berbicara tentang modal, pemerintah hari ini dalam visi misinya memberikan bantuan modal usaha. Sementara bagaimana kemudian pemasaran, kami turun juga berdiskusi dengan stakeholder terkait sehingga teman-teman yang ada di UMKM kemudian diberi peluang untuk mengikuti pelatihan di BLK terkait pemasaran secara daring, sehingga mereka bisa memberlakukan digitalisasi dalam proses usahanya,” tambahnya.

Ditemui usai dialog, Ketua DPD JOIN Bantaeng, Alimin DS menyampaikan terima kasih dan rasa bangganya kepada semua yang turut serta dan berpartisipasi atas suksesnya diskusi yang difasilitasi oleh Pusdiklat JOIN dan DPW JOIN Sulsel.

Alimin berharap, kegiatan sekaitan dengan diskusi yang menambah wawasan dan mengedukasi masyarakat, harus terus digalakkan.

“Semoga kedepan, dialog virtual bisa mendorong sektor lainnya. Kita mendorong agar semakin produktif di tengah pandemi ini,” ujarnya.

Dalam arahannya, Ketua DPW JOIN Sulsel, Arry AS meminta semua anggota JOIN agar mendukung pemberitaan pemerintah daerah sebagai wujud kemitraan untuk mendorong dan membangkitkan gairah ekonomi di daerahnya, sehingga peran serta jurnalis mampu memberikan semangat atau spirit di masa pandemi saat ini.

“Saya berharap semua rekan-rekan Jurnalis di JOIN untuk mendukung program pemerintah daerah dalam pemberitaan yang mengedukasi,” pungkas Doktor Hukum Terbaik UMI.

Tak hanya itu, Sekjen DPP JOIN, Julham Sifadi menuturkan bahwa program yang baik di Bantaeng akan menjadi “Program Nasional” kedepan.

“Saya salut kepada pemerintah daerah, Ketua Kadin dan Hipmi Bantaeng yang siap merespon program kegiatan JOIN Bantaeng. Karena Bantaeng memiliki banyak lokus leding sektornya yang sangat berpotensi,” Tandas Julham.

Pada kesempatan itu pula lanjut Julhan menjelaskan untuk dorongan UMKM pastinya membutuhkan trip produk di bidang usaha.

“Saya mengambil kesimpulan langsung dari benang merahnya, bahwa untuk memajukan sebuah usaha membutuhkan kriteria trip KADIN, HIPMI dan JOIN tinggal kita posisikan,” Pungkasnya._@ly_

Pos terkait