Desa Lawewe, Miliki SDA yang Meningkat dari Tahun ke Tahun

  • Whatsapp

LUWU UTARA — Masih banyak orang yang belum mengenal Lawewe.

Lawewe adalah nama sebuah desa yang terletak di perbatasan Kabupaten Luwu dan Luwu Utara, dan masuk di kecamatan Baebunta.

Kalau kita melihat dari peta, nampak Desa Lawewe yang cukup luas terhampar, dengan jumlah penduduk yang cukup banyak kurang lebih sekitar 1000 jumlah penduduk, menurut data tahun 2016.

Di sisi lain, Lawewe juga merupakan salah satu desa di Luwu Utara dengan penghasil Sumber Daya Alam yang cukup meningkat.

Ia juga merupakan desa penghubung dari Kecamatan Lamasi, Kabupaten Luwu.

Jadi warga berpenghasilan di dalamnya dengan mudah bisa menjadi distributor bagi potensi SDA untuk dijual ke luar.

Melihat perkembangannya dari tahun ke tahun, Desa Lawewe memang patut diapresiasi dari sumber daya alam yang melimpah disana.

Karena melihat dari kondisi tanah yang begitu subur, dapat menghasilkan ekonomi yang cukup meningkat.

“Penghasilan yang didapatkan oleh warga lokal maupun pendatang (urban), di desa kami, diantaranya adalah kakao, jagung, nilam, dan lain lain,” terang Kades Lawewe, Mangun ST.

Penduduknya yang begitu tenteram, hidup rukun dan damai dan nyaris tidak ada konflik yang terjadi di daerah ujung Luwu Utara ini.

Namun sayangnya, potensi Desa Lawewe ini belum digarap maksimal karena kurangnya sosialisasi yang dilakukan.

Padahal dengan kesuburan tanahnya, dan kelestarian alam serta budaya yang terjaga baik, Lawewe adalah desa potensial yang bisa lebih berkembang dan maju perekonomiannya.

Penulis: Anshar

Pos terkait