Gunung Sesean, Berkemah dan Menikmati Keindahan Awan di Pagi Hari Sungguh Tempat yang Tepat

  • Whatsapp

TORAJA UTARA — Hobi daki gunung atau pecinta alam bebas yang hendak mendaki Gunung Sesean di Toraja Utara? Anda harus mengetahui hal ini sebelum melakukan pendakian di gunung dengan tinggi 2.100 meter di atas permukaan laut ini.

Pertama, Anda harus menjaga alam dan kebersihan serta melindungi semua kekayaan alam yang ada di Gunung Sesean. Anda tidak diperkenankan membuang sampah di sembarangan tempat. Juga tidak boleh coret-coret di batu atau pepohonan yang ada.

Karena Kawasan Gunung Sesean adalah kawasan bebas sampah dimana sudah di siapkan tempat sampah ramah lingkungan di sepanjang jalur pendakian menuju ke puncak gunung sesean serta dipasang papan peringatan bagi para pendaki di beberapa tempat.

Salah satu pengunjung puncak gunung sesean asal Kota Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Putri mengatakan bahwa Gunung Sesean terletak di Lembang Suloara, Kecamatan Sesean Sulora, Toraja Utara dengan ketinggian 2.100 di atas permukaan laut.

“Dari atas gunung kita dapat melihat jelas hijaunya perbukitan yang mengelilingi Toraja dan padatnya permukiman warga di Rantepao yang menjadi ibu kota kabupaten Toraja Utara serta kumpulan awan di pagi hari,” tuturnya, Minggu (13/01/2019).

Putri yang tak lain pendamping Bhayangkari Cabang Luwu Utara melanjutkan berkemah adalah pilihan tepat saat mendaki Gunung Sesean. Pada saat malam hari dengan cuaca mendukung, hamburan bintang dan galaksi bima sakti dapat disaksikan dengan mata telanjang. Ditambah lagi, keesokannya dapat menikmati hangat suasana pagi saat sang fajar mulai terbit serta sekumpulan awan dan embun pagi.

“Untuk sampai ke gunung ini, dibutuhkan waktu sekitar dua jam dengan mengendarai kendaraan bermotor dari pusat kota Rantepao. Setelah itu mendaki sekitar tiga hingga empat jam untuk sampai ke puncaknya,” pungkasnya.

Ia menambah trek gunung sesean terbilang masih bersahabat karena tidak terlalu menanjak.
Medannya berupa tanah dengan banyak batu besar hingga sampai puncak. Sumber airpun tersedia di beberapa titik. Oleh karena itu sangat cocok untuk dijadikan pilihan untuk menghabiskan waktu saat berkunjung ke Toraja.

“Berkemah, menikmati kopi hangat di atas ketinggian, ditambah pemandangan menakjubkan Toraja pastinya akan menjadikan pengalaman berwisata yang tidak terlupakan,” tutupnya.(Put)

Pos terkait