Ini SD Unggulan Pertama yang Bikin Ultah Kelima di Mal

  • Whatsapp

MAKASSAR – “November to Remember”, tema ini yang mewarnai gemerlap dan meriahnya perayaan hari jadi SD Telkom Makassar pada hari Sabtu, 02 Nopember 2019. SD Telkom Makassar, yang berada di naungan Yayasan Pendidikan Telkom, berusia 5 tahun pada Oktober 2019. Tak hanya melakukan perayaan hari jadi pada saat hari puncak di Atrium Tokyo Mall Phinisi Point Makassar, berbagai kegiatan lomba serta kegiatan kreatif lainnya dilaksanakan dalam memeriahkan hari jadi sekolah yang berbasis ICT (Information Communication and Technology) ini.

Acara hari jadi sekolah dibuka dengan Lomba Kreasi Taman dan Lomba Dekorasi Sekolah yang diikuti oleh seluruh kelas yang ada di SD Telkom Makassar. Lomba ini berlangsung kompetitif dan berhasil membuat ruangan kelas dan taman sekolah menjadi beda dan berwarna.

Kedua lomba ini dikreasikan oleh guru kelas, siswa dan orang tuanya. Sehari sebelum acara puncak perayaan, dilakukan penilaian Lomba Kreasi Taman dan Lomba Dekorasi Sekolah oleh dewan juri yang merupakan perwakilan dari seluruh sekolah yang berada dalam kawasan Makassar Technoplex, yaitu SMK Telkom, SMP Telkom, SD Telkom dan TK Telkom Makassar, serta diketuai oleh Dr. Widya Karmila Sari, M.Pd. (Ketua Himpunan Dosen PGSD se-Indonesia). Tercatat 15 kelas yang berhasil disulap menjadi beda serta 14 taman sekolah yang menjadi berwarna dan hijau oleh para siswa yang disupport oleh orang tua dan pihak sekolah.

Nurul Hidayah Usman, selaku Ketua Panitia HUT sekaligus guru kelas mengatakan, “Puncak acara HUT ke-5 SD Telkom Makassar pada tanggal 02 Nopember 2019 dirangkaikan dengan acara talent show siswa, yang menampilkan pertunjukan seni dan bakat dari seluruh kelas serta seluruh ekskul yang ada di SD Telkom Makassar. Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh siswa dan secara bergantian seluruh siswa dari tiap kelas unjuk kebolehan, mulai dari nyanyi, dance, menari tradisional, paduan suara dan membacakan puisi.

Ekskul yang ada di SD Telkom Makasssar juga tidak mau kalah menampilkan bakat siswanya. Hapkido, karate, paduan suara anak, public speaking, menari dan dance, English Club serta tahfidz semuanya gas pol dalam memperlihatkan talenta anak didiknya.

Acara ini juga diselingi dengan kegiatan pemberian infaq sebesar 3 juta rupiah kepada Sekolah Islam Impian, dimana uang tersebut merupakan donasi siswa yang diberikan setiap hari Jumat, pada program Jumat Berkah. Donasi tersebut diberikan langsung oleh siswa kepada Bpk. Febriansyah, perwakilan dari Sekolah Impian yang merupakan sekolah tempat para anak pemulung menimba ilmu”.

Ada juga sesi video moment untuk mengenang jasa kepala SD Telkom terdahulu Bpk. Mukhlis Mustafa serta kegiatan-kegiatan sekolah yang ditampilkan di Giant Screen Mall Phinisi Point. Siswa juga diberikan games pengetahuan serta penampilan khusus dari orang tua siswa yang bernyanyi dan berjoget bersama anak-anaknya. Ada juga persembahan dari siswa TK Telkom Makassar di perayaan ini. HUT SD Telkom juga menampilkan bintang tamu, yaitu AdiDuri Band, pemenang A-Mild Wanted 2014 dan merupakan pengisi acara ajang Makassar Jazz Festival serta F8 International.

Puncak perayaan diselingi dengan pemotongan tumpeng sebagai tanda syukur bahwa SD Telkom Makassar semakin sukses dengan menjadi sekolah unggulan sekaligus sekolah favorit di Kota Makassar.

Sekolah ini berhasil menyabet akreditasi A dari BAN S/M di tahun keempatnya. Acara HUT SD Telkom ditutup dengan seremoni Launching PPDB SD Telkom Makassar Tahun Ajaran 2020/2021. Nurul menambahkan, “Seluruh siswa, guru, staf SD Telkom Makassar serta masyarakat bahu-membahu dalam usaha menciptakan generasi bangsa yang mandiri, bahu-membahu menciptakan generasi bangsa yang bernurani serta berprestasi kini dan nanti. SD Telkom berharap agar orang tua siswa terus positif dan mempercayakan anak-anaknya dalam menimba ilmu dan membentuk akhlak di SD Telkom Makassar.

Peringatan 5 Anniversary SD Telkom Makassar menjadi langkah awal pembinaan pendidikan yang berkualitas untuk seluruh siswa, dimana sekolah menjadi tumpuan pembinaan akhlak dan ilmu pengetahuan guna menciptakan generasi mandiri yang bernurani dan berprestasi”. (Rls)

Pos terkait