Ini Tiga Pasar Besar di Luwu Utara yang Bakal Difasilitasi Perpustakaan

  • Whatsapp

Sukamaju — Setelah Pasar Sentral Masamba, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Persipda) Kabupaten Luwu Utara juga bakal membuka perpustakaan atau ruang baca mandiri di tiga pasar besar lainnya di Luwu Utara, yaitu Pasar Sentral Bonebone, Pasar Sentral Sabbang dan Pasar Sentral Sukamaju.

“Di Pasar Sentral Masamba kami telah membuka perpustakaan dan insya Allah fasilitas yang sama juga akan kami berikan kepada Pasar Sentral Bonebone, Pasar Sentral Sabbang dan Pasar Sentral Sukamaju,” ungkap Kepala Persipda Maharuddin Hanafi, di sela-sela Lomba Bercerita dalam rangka HUT XIX Luwu Utara, Jumat kemarin, di Rujab Camat Sukamaju.

Menurut Maharuddin, dibukanya ruang baca di pasar sentral adalah salah satu upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan minat baca, budaya baca dan literasi kepada masyarakat Luwu Utara.

“Kita ingin agar minat baca masyarakat di Luwu Utara terus meningkat dari hari ke hari, termasuk para pedagang di pasar,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, juga mengatakan hal senada. Menurutnya, selain mendirikan perpustakaan di area publik, salah satu cara meningkatkan minat baca, daya baca dan budaya baca adalah dengan memasifkan kegiatan lomba bercerita dalam mengukur minat dan daya baca anak-anak.

“Sebetulnya lomba bercerita ini adalah untuk mengukur minat dan daya baca dari anak-anak kita. Saya percaya bahwa kita semua memiliki minat dan daya baca yang tinggi. Muda-mudahan dengan kegiatan ini kita mampu menggalakkan budaya baca dan meningkatkan minat baca di tengah-tengah masyarakat,” imbuhnya. (LH)

Pos terkait