Ini Tujuan Hana Boy Ajak Wanita Dewasa Tes Iva, Sadanis dan Kontrasepsi

  • Whatsapp

LUWU UTARA — Dalam rangka hari kesatuan gerak Bhayangkari ke 67 Tahun 2019, Bhayangkari cabang Luwu Utara, menggelar giat Tes Iva dan Sadanis di Poskesdes Desa Giri Kusuma, Kecamatan Malangke, Kabupaten Luwu Utara, Jumat (30/8/2019).

Kegiatan ini bertema “Mari Hidup Sehat melalui deteksi dini kanker dengan tes Iva Sadanis, Kontrasepsi.

Ketua Bhayangkari Cabang Luwu Utara, Ny. Hana Boy mengatakan sebanyak 75 orang peserta yang ikut tes Iva dan sadanis terdiri dari Bhayangkari, masyarakat dan persib.

“Tes IVA berfungsi untuk mencegah sekaligus mendeteksi dini kemungkinan wanita dewasa mengindap penyakit kanker serviks atau leher rahim,” jelas Ny. Hana.

Ketua Bhayangkari melanjutkan, sedangkan tes sadanis untuk menghindari termasuk mengetahui kemungkinan terjangkitnya penyakit  kanker payudara dan kontrasepsi untuk mengsukseskan keluarga berencana.

“Tes Iva dan Sadanis sangat penting diikuti oleh semua wanita dewasa terutama yang sudah menikah.  Tes itu untuk pencegahan dini supaya terbebas dari kanker serviks dan payudara.  Sebab,  kedua penyakit tersebut bisa mematikan jika dibiarkan tak diobati dan tak dicegah sejak dini,” pungkasnya.

Tes IVA dan Sadanis diberikan secara gratis di Puskesdes terdekat baik yang memiliki kartu BPJS Kesehatan maupun pasien umum.

 

Penulis: Putri

Pos terkait