Jakarta International Stadium Diklaim Sejajar dengan Santiago Bernabeu, Dilengkapi Fasilitas Hiburan

  • Whatsapp

MEDU-ONLINE | Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginstruksikan pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) rampung tahun ini.

Meski pembangunan stadion ini kerap diwarnai pro dan kontra, namun proyek ini dianggap telah memecahkan rekor dunia.

Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Heru Dewanto mengatakan, JIS masuk dalam 10 stadion terbesar dan termegah di dunia versi daily mail yang disejajarkan dengan Santiago Bernabeu, kandang Real Madrid.

Hal ini karena kedua stadion memiliki struktur atap yang mirip lantaran bisa buka tutup.

“Struktur space truss roof (milik JIS) yang bisa dibuka tutup ini merupakan yang terbesar dan terberat di Asia, bahkan dunia,” katanya dalam webinar Teknologi Lifting Rangka Atap 3.900 Ton, seperti dilihat di kanal YouTube Jakpro Group.

Heru menjelaskan tim konstruksi JIS sukses mencetak sejarah di dunia teknik sipil karena mampu mengangkat struktur atap stadion yang terberat dan terbesar di dunia ini setinggi 69 meter secara bersamaan. Rangka atap baja milik JIS memiliki berat 3.900 ton dengan bentang 270 meter.

Dengan dilengkapi sistem atap buka tutup (retractable roof), JIS tidak hanya bisa menggelar pertandingan sepak bola saja, melainkan juga event besar lainnya, seperti pameran maupun konser musik.

Kesamaan lain dari JIS dan Santiago Bernabeu adalah kapasitasnya yang bisa menampung lebih dari 80 ribu penonton. Hal ini juga sudah memenuhi syarat untuk menyertakan stadion yang bisa ikut untuk Piala Dunia.

Bukan Hanya Untuk Sepakbola

Jakarta International Stadium (JIS) akan secara resmi dibuka pada Desember 2021.

Ternyata selain tempat untuk pertandingan sepak bola, pengunjung juga dapat merasakan sensasi wahana hiburan yang tersedia. Stadion berkapasitas 82.000 penonton yang terletak di kawasan Sunter, Jakarta Utara ini masih dalam tahap finalisasi.

Berdasarkan keterangan Manajer Proyek JIS, Arry Wibowo, sampai saat ini pembangunan sudah mencapai 70 persen.

Selain diharapkan sebagai monumen kebangkitan sepak bola Indonesia, JIS juga digadang-gadang dapat menghibur masyarakat.

Oleh sebab itu, JIS akan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya. Fasilitas tersebut beraneka ragam mulai dari wahana hiburan bersama keluarga hingga wahana ekstrem. Lantas apa saja itu?

1. Sky Viewing Deck Wahana ini akan tersedia di atap Stadion JIS yang memiliki ketinggian 70 meter tersebut. Masyarakat dapat menikmati sensasi melihat pemandangan kota Jakarta dari ketinggian.

Lintasan ini berbentuk 360 derajat mengelilingi lapangan di stadion utama. Rencananya fasilitas ini akan tetap dibuka meski tidak ada pertandingan sekalipun.

2. Jogging Track Fasilitas ini rencananya akan ada di lantai paling atas stadion. Dimana para pengunjung yang ingin berolahraga baik sendiri maupun bersama orang tercinta dapat menggunakan fasilitas ini.

3. Pertunjukan Musik Direncanakan JIS bukan hanya untuk olahraga khususnya sepak bola. Namun juga akan menyajikan pertunjukan musik (konser) band-band papan atas.  Pihak proyek pun telah menyediakan perlengkapan pendukung yang sudah terintegrasi seperti sound system, speaker, dan semacamnya. Ketika panggung dibangun di tengah lapangan, rumput akan digulung terlebih dahulu.

4. Sky Catwalk Fasilitas ini merupakan yang terbaru diinformasika pihak JIS. Di mana para pengunjung dapat merasakan sensasi berjalan kaki di ketinggian puluhan meter tepat di atas lapangan utama.

Menurut Arry, diharapkan, para pengunjung yang memiliki adrenalin berlebih dapat menikmati atraksi di sini. Bahkan rencananya kemungkinan besar akan ada wahana ekstrem lain di tempat ini, misalnya, bungee jumping, wall climbing dan flying fox.

“Pada rencananya dalam pembentukan struktur ini kami menyediakan sky cat walk dimana terintegrasi dengan struktur utama stadion, dimana mereka akan berjalan tepat di atas lapangan utama mungkin mereka bisa selfie secara langsung dari ketinggian,” kata Arry di lokasi, pada Selasa (7/9/2021).

“Dan kita harap dari pengelola akan ada fasilitas lain dari pengelola akan diadakan atraksi dari situ ya seperti bungee jumping,” tuturnya. (*)

Pos terkait