Jalan Tani Desa Lampuawa Minanga Tallu Rusak Parah

Luwu Utara¬†— Untuk menyejahterakan petani, tidak hanya ditunjang dengan menyediakan alat pertanian, tapi juga harus disertai dengan infrastruktur dan akses pertanian yang baik sehingga kesejahteraan petani bisa sepenuhnya terwujud.

Namun sayangnya, infrastruktur dan akses pertanian yang baik hanya menjadi impian belaka bagi masyarakat petani didesa minanga tallu dan Desa Lampuawa Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara.

Pasalnya selama berpuluh puluh tahun jalan tani sepanjang 5 kilo meter, yang berada tepat di perbatasan kedua desa ini, mengalami rusak parah, mirip kubangan kerbau.

Bahkan akibat dari rusaknya jalan tani yang membatasi Desa Lampuawa dan Desa Minanga Tallu itu, membuat masyarakat di kedua desa tersebut mengalami kerugian lantaran harus mengeluarkan biaya dua kali lipat untuk sewa ojek gabah, dan membawa hasil pertanian lainnya untuk dijual.

Budiman salah satunya, ketua kelompok tani didesa lampuawa mengatakan, akibat dari rusaknya jalan tersebut dirinya kadang mengalami kerugian.

“Rugi kita, karna para tukang ojek tidak mau masuk kesini kalau tidak mahal sewa ojeknya, karna mereka bilang stengah mati motor mereka lewati jalan ini, sehingga harga sewa ojeknya harus mahal, kalau tidak mahal, yah gabah kita tinggal terusmi disini,” ungkap Budiman.

Sementara itu, hal yang sama juga dikatakan oleh saleh, warga Desa Minanga Tallu, akibat rusaknya jalan tersebut dirinya kesulitan membawa hasil pertanian miliknya.

“Yah terpaksa kita Kasi keluar ongkos banyak, daripada tinggal gabah kita disawah,” ungkap Saleh.

Disamping itu, Nur’alam yang juga warga Lampuawa, berharap kepada Pemerintah Kabupaten Luwu Utara agar segera turun tangan memperbaiki jalan yang satu satunya akses jalan para petani di Desa Lampuawa dan Desa Minanga Tallu.

“Kami berharap agar pemerintah segera memperbaiki jalan tani ini, sehingga kami tidak kesulitan lagi membawa hasil pertanian kami untuk dijual, padahal sudah berpuluh puluh tahun jalan ini rusak, tapi tidak pernah diperbaiki, pemerintah sepertinya tutup mata,” terang Nuralam.

Sebelumnya, jalan tani di perbatasan desa lampuawa dan desa minanga tallu mengalami rusak parah.

Penulis: Hamsul

Pos terkait