Lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023 Usai Bungkam Cina Taipeh 3-0, What Next Timnas Indonesia?

  • Whatsapp

MEDU-SPORTS | Lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023 Usai Bungkam Cina Taipeh 3-0, What Next Timnas Indonesia?

Judulnya edisi bertanya. Usai penampilan menawan Egy Maulana dkk semalam (Senin 11/10) di Buriram Thailand, dalam playoff kualifikasi menuju Piala Asia, apa lagi langkah selanjutnya tim kebanggaan masyarakat negeri khatulistiwa itu?

Bacaan Lainnya

Timnas Indonesia menjadi tim ke 23 yang semalam berhasil mendapat satu tiket menuju Kualifikasi Piala Asia 2023. Sementara satu tiket lainnya masih diperebutkan oleh Guam dan Kamboja.

Sejauh ini sudah ada 23 tim yang memastikan diri tampil di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023

Bicara 23 tim yang telah menunggu di babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023 itu, mereka adalah tiga tim terbawah dalam perolehan nilai di antara tim-tim runner-up kualifikasi babak kedua, tim-tim peringkat ketiga dan keempat, serta tiga tim dengan perolehan poin terbaik di antara para juru kunci grup di kualifikasi babak kedua.

Tentu saja di antara 23 tim yang sudah memastikan bakal tampil di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 itu ada sebagian tim-tim Asia Tenggara, seperti Thailand, Filipina, Myanmar, Malaysia, Singapura dan Indonesia sendiri.

Sebagai pengingat, Thailand dan Malaysia adalah tim-tim yang berada satu grup dengan Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia yang juga merupakan babak kedua dari fase kualifikasi menuju Piala Asia 2023 itu.

Dengan keberadaan Thailand dan Malaysia di babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023 ini, bukan tidak mungkin Indonesia akan berjumpa lagi dengan kedua tim itu.

Nantinya total ada 24 tim yang berpartisipasi di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 yang dibagi dalam enam grup berbeda.

Enam tim juara grup dan lima runner-up terbaik akan mendapatkan tiket untuk lolos ke putaran final Piala Asia 2023, yang artinya ada 11 tiket untuk tim dari fase kualifikasi ini untuk berlaga di putaran final Piala Asia 2023.

Asnawi Mangkualam dkk Menang Agregat 5-1

Sebelumnya, Timnas Indonesia memastikan diri sebagai peserta Kualifikasi Piala Asia 2023. Tren positif itu mereka raih setelah menang telak atas Taiwan dengan skor agregat 5-1 di dua laga playoff.

Pada leg 1 sebelumnya, Indonesia hanya mampu menang tipis dengan skor 2-1. Tapi skuad Garuda di laga semalam, mampu memenangkan leg kedua dengan skor 3-0 lewat gol Egy Maulana Vikri, Ricky Kambuaya, dan Witan Sulaeman.

Jalannya leg 2 di Stadion Chang Arena, Thailand, masih tetap didominasi oleh timnas Indonesia. Taiwan lebih sering bertahan dan kerap kewalahan dengan serangan-serangan skuad Garuda yang biasanya datang dari sayap.

Setelah beberapa lama mengurung pertahanan Taiwan, Indonesia akhirnya bisa membuka keunggulan lewat gol Egy pada menit ke-27. Gol tersebut tercipta setelah bola operannya kepada Dedik Setiawan malah langsung masuk ke gawang.

Kiper Taiwan Shih Shin-an terperangah melihat gol tersebut karena tidak menyangka bola bakal melengkung ke dalam gawang. Tapi setelah itu, Taiwan memberanikan diri lebih menyerang dan mendapat peluang emas lewat Li Mao pada menit ke-32.

Tidak ingin Taiwan mengembangkan permainan, Indonesia kembali agresif pada waktu babak peertama tersisa. Hasilnya, mereka mendapat peluang dari Ricky Kambuaya yang sepakannya masih bisa ditepis kiper Taiwan pada menit ke-40. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Memainkan babak kedua, Taiwan makin kesulitan mendapat peluang karena tingginya intensitas serangan Indonesia, terlebih setelah Witan Sulaeman dimainkan untuk menggantikan Adam Alis. Kesempatan yang didapat pasukan Garuda pun makin banyak dan dua gol tambahan bisa tercipta.

Ricky Kambuaya sudah langsung menggandakan keunggulan Indonesia pada menit ke-55. Golnya tercipta setelah menendang bola hasil buangan bek Taiwan yang panik dengan umpan silang Evan Dimas. Kiper Taiwan tak berdaya mencegah gol tersebut karena saking kerasnya tendangan Ricky.

Gol penutup Indonesia baru bisa diciptakan Witan setelah mengejar umpan terobosan Kadek Agung dan menendang bola secara tenang untuk menaklukkan kiper Taiwan menjelang laga berakhir atau tepatnya pada menit 90+3. Skor 3-0 tidak berubah hingga peluit panjang berbunyi.

Line Up Pemain

Taiwan: Shih Shin-an, Hsieh Peng-long, Chen Ting-yang, Liang Meng-hsin, Cheng Hao, Lin Cheng-yi, Lin Cheng-yi, Lin Ming-wei, Emilio Estevez, Li Mao, Wu Chun-Ching (c), Wu Yen-shu.

Indonesia: Muhamad Riyandi, Ryuji Utomo, Pratama Arhan, Victor Igbonefo, Rachmat Irianto, Asnawi Mangkualam, Evan Dimas, Egy Maulana Vikri, Ricky Kambuaya, Adam Alis, Dedik Setiawan.

(*)

Pos terkait