Malangke Sudah Lama Jadi Daerah Tujuan Banjir, Netizen Unggah Foto Saat Seorang Warga Evakuasi di Atas Pohon

  • Whatsapp
Postingan di laman sosial media ramai membincang foto warga Desa Malangke yang berteduh dan evakuasi mandiri di atas pohon saat banjir Rabu lalu (22/9).

MEDU-ONLINE | Banjir yang mendera Luwu dan Luwu Utara memang sudah surut sejak Kamis kemarin (23/9), namun curah hujan dengan frekwensi yang terus menerus tetap saja mendera, dengan intensitas hujan tergolong tinggi membuat sejumlah kawasan masih dilanda banjir dan genangan air.

Secara sporadis sejak Rabu malam lalu (22/9) hingga Jumat siang ini (24/9) cuaca secara umum masih tergolong “rawan” mengingat debit air sungai di beberapa titik di Luwu Raya terutama kiriman air dari hulu sungai masih juga cukup besar, meski ada sebagian yang mulai surut.

Bacaan Lainnya

Terkait banjir, warganet khususnya di kawaan Malangke dan Malangke Barat mengunggah foto-foto banjir di desa mereka yang belum juga surut.

Dilihat Media Duta Online di laman Facebook, berikut ini laporan jurnalisme warga yang kami rekam beberapa saat yang lalu.

Akun Reno Zoom melaporkan di laman pribadinya, dengan caption cukup mencolok: #Banjir Bulanan) melanda Desa Kalitata kecamatan Malangke Barat. Reno juga melampirkan 2 utas video berisi terjangan banjir di desa Kalitata Malbar dimana salah satu video tampak diambil melalui drone (ketinggian).

Video tersebut mendapat respon 22 komentar dan 30 kali dibagikan warganet lainnya.

Sedangkan akun Febi pada Rabu 22 September jam 02.13 Wita, ia menulis dan menyertakan seutas video: “Cepat surut yah 😭🤲

Kami rindu rumah  😭 #PrayForMalangke  #PrayForMyHome ” tulis Febi.
Lain lagi menurut pemilik akun Addam Pandali M. Ia pada Kamis (23/9) pukul 23.16 WIta menulis: “Sampai kapan malangke menanggung akibat dari lambatnya perbaikan pasca banjir bandang Lutra. Tolong pemerintah serius dikitlah bekerja. Kasian keluarga Kami di sana..!!”.
Addam juga menshare sebuah video banjir yang mengenaskan menimpa rumah keluarganya serta sawah ladang sekitar desa tersebut.

Foto Unik Warganet 

Namun ada 1 postingan yang menjadi viral dan trending topic, seperti yang diunggah pemilik akun Hajar Aswad, yang menulis di grup Malangke Raya Family Info, pukul 07.45 Wita dengan kepsyen: Luar Biasa Semoga Allah memberi keajaiban seraya melampirkan satu screenshot postingan pemilik akun Ino Leo.

Isi fotonya, selain suasana banjir di Desa Malangke Kecamatan Malangke, juga seorang perempuan yang mengungsi di atas sebuah pohon. Sang perempuan yang bergaun hitam, seperti tampak dalam foto tersebut menggunakan sarung dan terpal, yang diikatkan pada pohon sebagai “atap” untuk melindunginya dari hujan dan panas.

Foto unik ini seolah menggambarkan warga Malangke yang harus berjuang sendirian di tengah banjir, dan melakukan evakuasi mandiri ke sebuah pohon agar selamat dari terjangan banjir.

Sayangnya, belum ada keterangan resmi pejabat berwenang Luwu Utara atas foto viral ini.

BPBD Luwu Utara yang coba dikonfirmasi, masih belum membalas pesan singkat redaksi.

Klik video banjir Malangke disini

(*)

Pos terkait