Menteri Risma Ternyata Kepincut Bunga Alamanda, Kadis LH Palopo Berikan 1 Pot dan Dibawa ke Jakarta

  • Whatsapp

MEDU-ONLINE | Rupanya ada cerita menarik soal kunjungan kerja Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia, Tri Rismaharini di kawasan Walenrang Lamasi (Walmas) kabupaten Luwu, hari Rabu lalu (6/10).

Menteri yang bertemperamen tinggi itu ternyata penggemar kembang.

Bacaan Lainnya

Risma, sapaan akrab sang Menteri, kepincut dengan salah satu kembang berwarna kuning yang ada di tengah jalanan raya milik Dinas Lingkungan Hidup kota Palopo.

Ceritanya, waktu itu, Risma baru selesai kunjungan kerja di lokasi bencana longsor di Desa Ilan Batu Kecamatan Walenrang Barat, Luwu Sulawesi Selatan, Rabu, 06 Oktober 2021.

Saat kendaraan yang ditumpanginya melintas di jalanan raya Kota Palopo, Bu Menteri rupanya tertarik dengan bunga warna kuning.

Ia mengambil handphone di sakunya, dan memotret bunga yang sejatinya berasal dari Amerika Latin itu.

Usai memotret, Risma mengirim foto jepretannya ke Protokol Kemensos agar dicarikan bibitnya.

Protokol Kemensos pun langsung menghubungi Kabag Umum Luwu, Imran yang saat itu ikut dirombongan ibu Risma.

“Saya langsung menghubungi Ibu Kadis Lingkungan Hidup Kota Palopo, kalau Bu Menteri suka jenis bunga itu dan dia juga minta bibitnya sekalian,” aku Kabag Umum Kabupaten Luwu, Imran.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo, Hj. Sitti Baderia mengatakan jika Bu Risma meliat bunga yang menurutnya cukup langka dan sukar ditemui di Jakarta.

“Bunga yang disuka oleh Bu Risma itu bunga yang warnanya kuning, kayak terompet, namanya Bunga Alamanda atau biasa disebut “terompet emas” atau biasa juga disebut “lonceng kuning”. Katanya, ada sejenisnya (di Jawa) tapi merambat, sedangkan bunga Alamanda di Palopo ini unik, karena tidak merambat, bunga ini seperti dibonsai,” kata Sitti Baderiah menceritakan pengalamannya bertemu Bu Menteri.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo itupun langsung menyerahkan satu pot kembang Alamanda yang bernama latin Allamanda cathartica tersebut kepada Menteri Risma.

Sitti berharap, bunga Alamanda pemberiannya itu bisa tumbuh subur di Jakarta, dan setiap kali melihat bunga itu, Ibu Risma akan selalu ingat dengan keindahan Kota Palopo.

“Alhamdulilah bisa ketemu dengan Bu Mensos, Ibu Menteri ternyata minta bunga, alhamdulillah ada oleh-oleh bunga Alamanda dari kami,” pungkas dia.

Untuk diketahui, kembang tersebut merupakan salah satu kekayaan flora dari Amerika Tengah dan Selatan dan paling banyak ditemui di Brazil.

Bunga Alamanda memiliki nama latin Allamanda cathartica dengan genus Allamanda, family Apocynaceae, ordo Apocynales, class Magnoliopsida, phylum Basidiomycota dan termasuk dalam kingdom Plantae.

Di Kota Palopo, anda bisa menemuinya di median jalan, di jalan raya utama kota idaman, kota Palopo. (*)

Pos terkait