NasDem Optimis Pemenang Pemilu 2024, Pengamat: Wajar, Modalnya Sudah Ada di Pemilu Sebelumnya

  • Whatsapp

MEDU-ONLINE | NasDem memasang target tinggi di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Gamblang dan to the point, partai bentukan Surya Paloh itu ingin meraih juara satu. Untuk merealisasikan targetnya, Partai NasDem terus menerus melakukan konsolidasi, memperkuat mesin pemenangan dan infrastruktur partai.

“Seburuk-buruknya kita menempati tiga besar, dan sebaik-baiknya peringkat satu,” kata Wakil Ketua Umum NasDem, Ahmad Ali saat mengumpulkan anggota DPRD Fraksi NasDem tingkat provinsi se-Indonesia Timur di Hotel Four Points By Sheraton, Sabtu (25/9/2021).

Bacaan Lainnya

Bagi Ahmad Ali, skuad tempur hingga akar rumput adalah kunci tampil bersaing di Pemilu 2024. Olehnya, seluruh kader diminta menyiapkan struktur dan infrastruktur partai hingga ke tingkatan terendah atau RT/RW.

“Karena untuk meraih kemenangan di 2024, maka sedini mungkin DPP NasDem menyiapkan mesin pemenangan. Yang dimaksud mesin pemenangan adalah struktur partai,” ujar Ahmad Ali.

Pada Pemilu 2019 lalu, Partai NasDem menempati posisi kelima di bawah PDIP, Gerindra, Golkar, dan PKB. NasDem memenangkan 59 kursi DPR RI dengan total suara 12.661.792 dengan persentase 9,05 persen.

Ahmad Ali mengakui tantangan Partai NasDem yaitu tidak memiliki pemilih ideologis seperti partai-partai lain yang sudah berumur puluhan tahun.

Untuk itu DPP dan seluruh struktur Partai NasDem harus mampu menciptakan pemilih, paling tidak struktur sampai pada tingkat DPRT.

“Itulah mesin-mesin pemenangan yang harus disiapkan oleh semua struktur Partai NasDem di seluruh Indonesia,” tegasnya.

Ketua DPP NasDem Bidang Organisasi, Keanggotaan & Kekaderan (OKK), Rusdi Masse (RMS) mengatakan, kegiatan ini untuk menyamakan pandangan dan kerja politik menghadapi Pemilu 2024.

“Kita konsolidasi 12 provinsi agar betul-betul berjalan sesuai perintah partai. Perintah kongres jangan jalan sendiri,” jelas RMS.

Ahmad Ali:  Harus Kembali Menang di Sulbar 

Partai Nasdem bertekad untuk memenangkan Pemilu Serentak 2024, khususnya di Provinsi Sulbar,” kata Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (25/9/2021).

Oleh karena itu, menurut Ali, berdasarkan mandat Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, mantan Gubernur Sulbar dua periode Anwar Adnan Saleh ditunjuk sebagai ketua DPW Nasdem Sulbar. Sulbar merupakan provinsi ke-19 yang sukses menggelar Rakorwil.

Ali menghadiri Rakorwil yang digelar di Kota Makassar, Jumat (24/9/2021). Ali didampingi Ketua Pemenangan Teritori Sulbar Rachmat Gobel, serta sejumlah ketua DPP Nasdem seperti Sri Sajekti Sudjunadi (Jeanette), Charles Meikyansah, Fauzi Amro dan Lathifa Al Anshori.

Berdasarkan hasil Pileg 2019, Nasdem unggul dengan memperoleh 271.513 suara di Sulbar. Di posisi kedua, Partai Gerindra dengan perolehan 206.117 suara. Di urutan ketiga ada Golkar mendapat 194.712 suara.

Ketua Fraksi Nasdem DPR ini juga berpesan kepada seluruh jajaran kepengurusan DPW Nasdem Sulbar untuk meneruskan konsolidasi partai di enam kabupaten/kota, bahkan sampai tingkat kelurahan atau ranting.

Begini Kata Pengamat

Manager Strategi dan Operasional Jaringan Suara Indonesia (JSI), Nursandy Syam menilai, NasDem bisa saja mencapai target di Pemilu 2024 akan datang.

Pasalnya, jika berkaca pada Pemilu 2019, secara nasional NasDem memperoleh 9,05 persen suara. Apalagi kader NasDem akan bergerak masif.

“Hasil Pemilu 2019 lalu, Partai NasDem berada di posisi ke lima dengan perolehan 12,6 juta suara atau 9,05 persen dari suara sah nasional,” ujarnya, Minggu (26/9/2021).

Menurutnya, hasil pemilu sebelumnya juga menjadi modal untuk bekerja di 2024.

“Berdasar dari hasil itu, masuk tiga besar bukanlah target yang terlalu muluk,” katanya. (*)

Pos terkait