News Update: Ada Pesawat Jatuh di Belantara Papua, Korban Kemungkinan Kecil Selamat

  • Whatsapp

MEDU-ONLINE | Pesawat Rimbun Air PK OTW sempat hilang kontak di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Kapolres Intan Jaya AKBP Sandi Sultan menyatakan bahwa saat ini pesawat yang mengangkut tiga orang kru itu telah ditemukan.

Bacaan Lainnya

“Sudah ditemukan di ketinggian 2.400 meter, jaraknya 5-6 km dari Bandara Bilogai ke arah Distrik Homeyo,” terangnya, Rabu (15/9/2021).

Lebih lanjut, Sandi membeberkan berdasarkan pengamatan helikopter, pesawat tersebut sudah dalam kondisi hancur.

Menurut perkiraan Sandi, kemungkinan tiga orang kru dalam pesawat tersebut untuk selamat sangat kecil.

“Kondisi pesawatnya hancur, kecil kemungkinan selamat, bagian kepala pesawatnya yang paling hancur,” paparnya.

Ilustrasi pesawat Cessna. REUTERS

Kemudian, Sandi menjelaskan bahwa proses evakuasi korban akan berjalan melalui jalan darat.

Di sisi lain, Sandi juga mengakui bahwa lokasi jatuhnya pesawat memang rawan terhadap gangguan dari kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB).

Namun pihaknya telah melakukan antisipasi dengan menerjunkan sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat untuk melakukan pendampingan.

Sandi menyebut proses evakuasi korban juga turut melibatkan masyarakat, TNI-Polri, serta Wakil Bupati yang telah hadir di lokasi.

Sementara itu, pesawat dengan pilot Mirza dan kopilot Fajar itu hanya membawa seorang teknisi bernama Iswahyudi.

Pesawat yang mengangkut bahan bangunan itu lepas landas dari Bandara Nabire pada pukul 06.40 WIB menuju Sugapa dan umumnya sampai sekitar 40 menit.

Terakhir, pesawat tersebut tercatat melakukan kontak dengan petugas Airnav Sugapa pada pukul 07.30 WIT.

Pesawat Rimbun Air ditemukan hancur.
Pesawat Rimbun Air ditemukan hancur. (Tangkapan layar video/Foto: Ist.)

Upaya Evakuasi Korban Dilakukan

Sementara itu, Tim gabungan TNI-Polri bersama pemuda gereja tengah melakukan evakuasi pesawat Rimbun Air PK OTW di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Pesawat diawaki tiga kru dan membawa bahan bangunan dan sembako itu sebelumnya hilang kontak dalam penerbangan Nabire-Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Rabu (15/9) pukul 07.37 WIT.

“Karena jatuhnya pesawat terjadi di perbukitan, sehingga tim gabungan saat ini sedang menuju ke lokasi evakuasi,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal dalam keterangannya, Rabu (15/9).

Menurut Kamal, anggota menerima laporan dari masyarakat bahwa telah menemukan pesawat Rimbun Air PK OTW di bukit Kampung Bilogai Distrik Sugapa dengan ketinggian 2.400 meter koordinat 7219979585751.

“Pukul 12.30 WIT, mendapat laporan tersebut, tim gabungan TNI-Polri dan pemuda gereja langsung menuju ke TKP guna melakukan evakuasi para korban,” kata dia.

Kamal belum mengetahui pasti kondisi pesawat saat ini maupun kru di dalamnya. Hanya saja, pada saat kejadian cuaca memang kurang mendukung sehingga mengganggu upaya pendaratan.

“Mudah-mudahan dua sampai tiga jam ke depan sudah tiba di lokasi dan segera melakukan evakuasi, kru pilot dan juga barang-barang yang ada di dalamnya,” ujar Kamal. (*)

Pos terkait