Pemerintah Bolehkan Pertandingan Olahraga di Palopo saat PPKM Level 3, Begini Syaratnya

  • Whatsapp

MEDU.ONLINE.PALOPO – Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di Kota Palopo diperpanjang hingga 9 Agustus 2021.

Penerapan PPKM Level 3 diperpanjang, mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2021 tanggal 2 Agustus 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, level 2 dan level 1.

Usai diterimanya Imendagri tersebut, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Palopo mengeluarkan surat edaran (SE) tentang penerapan PPKM level 3.

SE tersebut tertanggal 3 Agustus 2021.

SE ditandangani oleh forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kota Palopo yang tergabung dalam Satgas Penanganan Covid-19.

Ada 14 poin yang diimbau kepada masyarakat dalam surat edaran.

Pada poin ke-7 dalam SE tersebut membolehkan pelaksanaan kegiatan atau pertandingan olahraga.

Namun pelaksanaannya, dengan mematuhi ketentuan sesuai dari SE yang diterbitkan.

“Kegiatan olahraga/pertandingan olahraga dapat dilakukan sepanjang tidak melibatkan penonton atau supporter dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat,” tulis isi SE pada poin ke 7.

Berikut 14 poin isi surat edaran penerapan PPKM Level 3 di Palopo;

1. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar Sekolah, Perguruan Tinggi, Akademi, Tempat Pendidikan/Pelatihan dilakukan secara daring/online.

2. Pelaksanaan kegiatan masyarakat dalam ruangan dengan pembatasan 25% dari kapasitas ruangan dan menerapkan protokol hesehatan secara ketat.

3. Rumah makan, warung makan, cafe, warung kopi, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya dapat beroperasi sampal pukul 21.00 WITA, dengan pengunjung maksimal 25% dari kapasitas, terkecuali sistem pesan-antar/dibawa pulang dapat beroperasi hingga 24 jam.

4. Pusat Niaga Palopo dan Pasar Andi Tadda beroperasi sampai pukul 16.00 WITA.

5. Kegiatan Seni budaya, sosial keagamaan dan sosial kemasyarakatan yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan dapat diberikan izin dengan pembatasan pengunjung maksimal 25% dari kapasitas tempat dan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Untuk kegiatan resepsi pernikahan ataupun hajatan dengan pembatasan tamu maksimal 25% dari kapasitas tempat dan tidak ada hidangan makanan ditempat.

6. Kegiatan keagamaan pada tempat ibadah serta tempat lain yang difungsikan sebagai tempat ibadah dapat dilakukan dengan pembatasan kapasitas maksimal 25% dari kapasitas tempat.

7. Kegiatan olahraga/pertandingan olahraga dapat dilakukan sepanjang tidak melibatkan penonton atau supporter dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

8. Kegiatan usaha karaoke, rumah bernyanyi keluarga, live music, pijat/refleksi dan semacamnya termasuk sarana penunjang tempat hiburan yang ada di hotel, dapat beroperasi hingga pukul 21.00 WITA dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

9. Apotek, toko obat dan sejenisnya dapat beroperasi selama 24 jam dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

10. Pelaksanaan kegiatan konstruksi tempat konstruksi dan lokasi proyek dapat beroperasi 100% dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat;

11. Transportasi umum dapat diberlakukan dengan pengaturan kapasitas penumpang maksimal 70% dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

12. Satgas Covid-19 melakukan pemantauan terhadap penerapan disiplin penegakan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kota Palopo berdasarkan Peraturan Perundang -undangan yang berlaku;

13. Para pemuka agama agar dalam ceramahnya untuk senantiasa mengingatkan kepada Ummat/Jamaah agar waspada terhadap penyebaran Covid-19.

14. Surat Edaran ini berlaku mulai tanggal 3 Agustus 2021 sampai dengan tanggal 9 Agustus 2021. (*)

Pos terkait