Pemuda Asal Luwu Pasok Produk Kreatif di Tengah Pandemi Hingga Tingkat Internasional

  • Whatsapp

MEDU-ONLINE.PALOPO — Seorang pria asal Tana Luwu sukses menyulap bambu menjadi berbagai kerajinan dan peralatan rumah tangga.

Pria tersebut adalah Ahmadi Abbas, warga Kelurahan Senga, Kecamatan belopa, Kabupaten Luwu, mengelolah bambu untuk menjadi kerajinan dan peralatan rumah tangga yang unik dan cantik.

Madi sapaan akrabnya menciptakan produk ramah lingkungan dari sumber daya alam seperti kelapa, daun, kayu, pisang dan bambu, untuk mengurangi penggunaan plastik.

“Kami berusaha membuat kerajinan ini menjadi berkelanjutan dan mendidik masyarakat untuk menjaga alam serta memanfaatkan hasil alam seperti membuat kerjainan,” kata madi, minggu (07/02).

Usaha yang dia tekuni sejak 2019 lalu kini membuahkan hasil, dimana hasil kerajian yang dia buat kini tembus keluar Negeri.

“Pemesananya kini tembus Lokal internasional, kita ekspor kerajinan ini keluar negeri seperti Jerman dan Jepang,” ungkapnya.

Menurut Madi, ada beberapa kerajian jenis kerajinan yang dibuat dan kini dirinya telah mampu memperkerjakan 7 orang disabilitas sejak 2019, meski dengan menggunakan mesin dan alat yang masih manual.

“Untuk Jenis produk yaitu Bamboo cup, Eco plate, Coconuts bowl, Teko Coconuts, dan Asbak Kelapa dan saat ini ada 7 karyawan yang mengelolah usaha ini, 4 di produksi dan 3 di pemasaran,” ucapnya. (RM)

Pos terkait