PSM Makassar U-16 Jawara di Ajang EPA 2021, Coach Erick Saputra: Target Awal Cuma Sampai di 8 Besar, Tapi Ya Alhamdulillah…

  • Whatsapp

MEDU-ONLINE | PSM Makassar u-16 berhasil menjuarai kompetisi usia muda, Elite Pro Academy (EPA) tahun 2021 setelah mengalahkan Persib Bandung U-16 dengan skor 2-1 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Kamis (25/11) kemarin.

PSM yang tampil sebagai tim tamu terus mendapatkan tekanan dari tim tuan rumah, sehingga para pemain muda Juku Eja ini kesulitan mengembangkan permainannya di babak pertama.

Namun, sepanjang pertandingan di babak pertama kedua tim hanya mampu bermain imbang tanpa gol. Usai turun minum, kedua tim baru dapat berhasil mencetak gol.

Gol kemenangan PSM dicetak Muhammad Fakhri dan Arjuna Tri. Sementara, gol Persib dihasilkan dari kaki, M Ghaos. Skor 2-1 bertahan hingga berakhirnya babak kedua yang mengantarkan PSM Makassar meraih juara di usia muda untuk pertama kalinya.

Pelatih PSM Makassar U-16, Erick Saputra, mengakui tim arahannya tak bisa mengembangkan permainan di babak pertama. Namun, situasi berubah di babak kedua.

“Babak pertama cukup berat bagi kami karena kesulitan untuk berkembang, masuk di ruang ganti saya instruksikan kepada anak-anak bekerja lebih keras lagi sisa 30 menit waktu tersisa untuk mengangkat trofi di Kota Bandung. Alhamdulillah kami bisa,” kata Erik usai pertandingan seperti dikutip Medu-Online dari CNN Indonesia.

Menghadapi kompetisi usia muda, Elite Pro Academy (EPA) U-16 tahun 2021, kata Erik tidak banyak memiliki waktu ditambah materi pemain yang dibawa sangat terbatas. Ia pun tak mau memberikan target tinggi kepada anak asuhnya.

“Target saya hanya lolos sampai di 8 besar dengan materi pemain sangat terbatas. Persiapan juga tidak sampai satu bulan tapi inilah sepak bola, tidak ada yang bisa menebak hasilnya atau perjalanannya,” tuturnya.

Ke depan kata Erik sejumlah pemain yang bermain di kompetisi U-16 ini akan dipersiapkan kembali untuk kompetisi U-18.

“Tim ini kita siapkan setahun ke depan dan separuhnya naik ke U-18, karena 13 pemain di tim ini yang kelahiran 2007, jadi tahun depan mereka bisa U-16 dan sebagian lagi kita drop di U-18,” ujarnya.

Diketahui, Pelatih PSM Makassar U-16  Erick Saputra juga memperoleh award sebagai Best Coach selama turnamen klub-klub papan atas di Liga 1 untuk kelompok umur U-16 dan U-18 itu digelar, selama 1 bulan lebih. Selain itu, Award Top Skor juga diraih pemain PSM U16 dan PSM U18 melengkapi award bagi tim kebanggaan masyarakat Sulselbar itu.

(*)

Pos terkait