Sapi Kurban 1 Ton dari Jokowi Tiba di RPH Purangi, Ibnu Hasyim; Untuk Warga Palopo

  • Whatsapp

MEDU.ONLINE.PALOPO – Sapi kurban bantuan Presiden Joko Widodo tiba di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Bukit Lewadang Kelurahan Purangi, Kecamatan Sendana, Kota Palopo, Sabtu 17 Juli 2021 pagi.

Sapi bantuan dengan bobot berat 1.041 dengan usia 3 tahun 8 bulan itu, diterima oleh Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kota Palopo, Muh Ibnu Hasyim didampingi Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet drh Burhanuddin.

Muh Ibnu Hasyim mengatakan, sapi tersebut akan disembelih pada saat hari H Idul Adha di Masjid Agung Luwu Palopo.

“Harga sapi ini Rp 73 juta. Untuk sementara ditaruh di RPH ini sampai hari raya baru dibawa ke Masjid Agung untuk penyembelihannya,” kata Ibnu.

Setelah disembelih, dagingnya akan dibagikan ke sejumlah warga di Kota Palopo.

Sapi jantan jenis Limosin yang diberi nama ‘Hero’ itu didatangkan dari peternakan di Desa Bontolangkasa Selatan Kecamatan, Bontonompo, Kabupaten Gowa.

Ibnu menyebutkan, Palopo menjadi satu-satunya daerah di Sulawesi Selatan yang mendapat bantuan sapi kurban dari Jokowi tahun 2021 ini.

“Ini memang rutin dilakukan pak presiden. Tahun lalu di Jeneponto, sekarang Palopo yang terpilih,” ujarnya.

Adapun taksiran daging yang akan dihasilkan setelah disembelih sekitar 400 kilogram bersih atau sekitar 600 kilogram jika dihitung dengan bagian lainnya. Daging kurban tersebut bisa dibagikan untuk sekitar 600 kepala keluarga (KK).

Sapi yang akan disembelih ini, juga sudah dinyatakan sehat, setelah melalui serangkaian uji laboratorium di Balai Besar Veteriner Maros, dan hasilnya layak untuk dikurbankan. (*)

 

Pos terkait