Segera Beroperasi Jalur KA Makassar Parepare Tercepat dan Terlebar di Indonesia

  • Whatsapp

MEDU-ONLINE.MAKASSAR — Rel Kereta Api (KA) Makassar-Parepare, Sulawesi Selatan dalam waktu dekat ini segera rampung pengerjaannya dan akan menjadi perlintasan terlebar dan tercepat di Indonesia.

Saat ini, sininyal dan telekomunikasi jalur KA Tanete Rilau-Palanro dan Mandai-Mandalle Lintas Makassar-Parepare sedang dikerjakan dan diperkirakan selesai pada 2021 ini.

Jalur ini terdiri dari Tanete Rilau-Palanro Kabupaten Barru dengan panjang lintasan 42,8 kilometer dan Mandai (Maros)-Mandalle (Pengkep) sepanjang 59,6 kilometer, atau total sepanjang 102,4 kilometer.

Dikutip dari Okezone, Direktur Strategi Bisnis dan Portofolio PT Len Industri (Persero) yang mengerjakan perlintasan ini, Linus Andor Mulana Sijabat menjelaskan, proyek mainline (jalur utama) KA pertama di Indonesia yang menggunakan standard gauge 1.435 mm (143,5 cm).

Saat dites pertamakali untuk sistem sinyal di Stasiun Tanete Rilau Kabupaten Barru sudah dilakukan bersama dengan Kementerian Perhubungan pada 3, 4, 8, 9 Maret 2021. Salah satu proyek strategis nasional ini terus dikebut di tengah pandemi COVID-19 dengan harapan penyelesaian pembangunannya bisa tepat waktu.

“Pengetesan dilakukan bersama konsultan supervisi dan PPK Pengembangan Perkeretaapian Pangkep-Barru pada tanggal 3,4,8 dan 9 Maret 2021 ini.

Meskipun dalam kondisi pandemi yang berat saat memulai tahun 2021, tapi kita tetap bisa menyelesaikan Proyek Strategis Nasional ini tepat waktu dengan memanfaatkan software remote monitoring.

Syukur dan puji kepada Tuhan YME,” kata Linus di Jakarta, Kamis, 11 Maret 2021. (RM)

Pos terkait