Sensus Doloksaribu: Cara mudah mengobati ayam yang sakit

  • Whatsapp

Kegiatan beternak ayam saat ini menjadi hal yang digemari oleh banyak orang, sedangkan dalam beternak tentunya ada kendala-kendala yang contohnya seperti yang sering Anda alami yaitu ayam yang mengalami sakit.  Lalu bagaimana  cara mudah mengobati ayam yang sakit ? berikut akan kami jabarkan tips yang bisa diikuti.

Jika dilihat dari beberapa jenis penyakit yang berbeda-beda, maka beda pula cara penangannya.

1.     Pengobatan untuk penyakit Gumboro

Penyakit yang disebabkan oleh virus Genus Avibirnavirus ini bergejala demam dan gemetar serta pendaharan bergaris pada paha dan otot dada. Penanganan yang bisa dilakukan yaitu dengan memberi ramuan herbal yang diolah dari gula merah (100 gram), kunyit (100 gram) ,  lempuyang (100 gram) dan air. Sementara ini untuk pencegahan dapat dilakukan dengan vaksi nobilis, atau delvax gumboro.

2.     Penyakit Tetelo (ND)

Penyakit yang juga termasuk pada kategori ganas ini banyak terjadi dan sampai menyebabkan kematian pada ayam. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini memunculkan gejala lumpuh pada sayap dan kaki burung. Selain itu, muncul gejala lain seperti mulut berlendir, bulu kusam dan sempoyongan. Untuk mengobatinya bisa menggunakan vaksin ND atau bisa diobati sendiri dengan oobat herbal yang bisa dimasak dengan bahan-bahan dapur seperti daun papaya, temulawak, dan gula jawa yang direbus kemudian diminumkan ke ayam.

3.     Cara mudah mengobati ayam yang sakit snot

Termasuk penyakit menular, snot yang disebabkan oleh bakteri Haemophillus Gallinarum ini menyerang organ pernapasan pada ayam. Sampai saat ini obat amplikol sudah terbukti bisa menyembuhkan dengan segera. Obat ini bisa dicari di toko-toko pakan ternak dan obat hewan.

4.     Berak kapur

Beberapa yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit ini adalah dengan memberi suntikan preparat sulfonamide, coccilin, neo terramycin di dada ayam untuk pencegahan kematian.

5.     Berak hijau/kolera

Berak hijau atau kolera merupakan salah satu dari penyakit bagian pencernaan dari ayam. Penyakit ini bisa diobati dengan obat koleridin yang bisa dengan mudah didapatkan di toko pakan hewan atau toko obat khusus hewan.

6.     Berak darah/ Koksidiosis

Beberapa obat yang bisa dipakai adalah sulfaquinoksalin, noxal, dan diklazuril.

7.     Penyakit Fox/patek

Fox atau patek adalah cacar unggas yang juga dibagi menjadi dua tipe, yang pertama yaitu cacar basah dan cacar kering. Penyebab dari munculnya gejala cacar ini adalah Dari penyebaran virus avipox pada unggas. Cara mengobatinya yaitu dengan mengolesi bagian yang sakit dengan minyak tanah sampai sembuh.

8.     Kangker unggas/marek/ Visceral Leukosis

Penyakit ini disebabkan oleh virus DNA herpes tipe B. penyakit ini sangat rawan menjangkiti ayam umur 3-10 minggu yang juga merupakan masa menjelang kematangan seksualitas dari si ayam, satu-satunya cara yang bisa dilakukan jika ayam Anda terjangkit penyakit ini adalah pisahkan dengan ayam yang lain dan berikan vaksin untuk pencegahan sejak dini.

9.     Cacingan

Beberapa obat yang bisa dipakai adalah preparat piperazine,  sulfamezatin, pipedon-x liquid (piperavaks) dan sulfaquinoxalin.

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat ayam-ayam yang sedang sakit. Beternak sebenarnya sangat mudah dan menyenangkan, sikap terbuka dan mau belajar akan menjadikan Anda sukses dalam beternak. Memang banyak sekali potensi untuk ayam-ayam Anda terjangkit oleh penyakit, namun begitu jangan menjadikan Anda untuk tidak mau beternak ya! Semoga tips ini bermanfaat . (Sensus Doloksaribu)

Pos terkait