Sosialisasi Pelaksanaan Ketentuan Bea Cukai, Asisten 2 Setda Palopo: Jangan Jual atau Beli Rokok Illegal

  • Whatsapp

MEDU-ONLINE | Pemerintah Kota Palopo, melalui Bagian Perekonomian Setda bekerjasama dengan biro perekonomian dan administrasi pembangunan Setda Provinsi Sulawesi Selatan dan KPPBC Tipe Madya Pabean C Malili menggelar sosialisasi pelaksanaan ketentuan dibilang cukai penggunaan dana bagi hasil cukai tembakau (DBHCT) TA 2021.

Kegiatan itu dibuka Asisten 2 (Bidang perekonomian dan pembangunan Setda Kota Palopo) yang mewakili Walikota di Aula Kantor Camat Sendana, Selasa, 23 November 2021.

Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Setda Kota Palopo, Andi Fauziah, mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai informasi ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang cukai dan memberikan wawasan atau edukasi kepada masyarakat agar menggunakan produk yang memiliki legalitas.

“Dengan itu, masyarakat bisa semakin sadar untuk tidak menggunakan atau menjual rokok ilegal, karena dengan membeli rokok ilegal sama halnya berkontribusi menambah kerugian negara,” ungkap Andi Fauziah.

Walikota Palopo, Drs. H. Muh. Judas Amir, MH., dalam sambutannya yang disampaikan Asisten 2, Ilham Hamid, mengungkapkan bahwa cukai itu melindungi masyarakat, industri dalam negeri dan kepentingan nasional melalui pengawasan serta melakukan pencegahan terkait masuknya barang impor dan keluarnya barang ekspor yang berdampak negatif dan berbahaya yang dilarang dan/atau dibatasi oleh regulasi.

Ilham Hamid meminta kepada para peserta untuk menyebarkan ilmu yang diperoleh melalui sosialisasi tersebut kepada masyarakat luas. Minimal para peserta tahu dan kenali produk-produk yang memiliki legalitas. Dan tidak menggunakan produk yang tidak memiliki label resmi.

Sosialisasi yang digelar sehari itu menghadirkan pemateri dari pemprov. Sulsel, pemkot palopo, Dinas Satpol PP kota palopo, danĀ  KPPBC Tipe Madya Pabean C Malili.

Adapun peserta yakni staf kecamatan sendana dan para RT se-kecamatan Sendana. (rls)

Pos terkait