Tak Gunakan Kemasan Plastik, DWP Lutra Komitmen Kurangi Sampah Plastik

  • Whatsapp

Luwu Utara — Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Luwu Utara betul-betul berkomitmen membantu pemerintah dalam mengurangi sampah plastik. Hal ini terlihat dari pelaksanaan Puncak Peringatan HUT ke-20 DWP, yang dilaksanakan di Aula La Galigo Kantor Bupati Luwu Utara, Kamis (12/12/2019).

Tak satu pun kemasan plastik terlihat di atas meja. Sebagai gantinya, DWP menyiapkan gelas kaca. Menariknya, souvenir berupa tumler juga diberikan kepada anggota DWP yang hadir. “Ini bentuk partisipasi kami mendukung program pemerintah dalam menyelamatkan bumi,” kata Sekretaris DWP, Ny. Andi Amriani Bambang.

Isteri Kepala Dinas Lingkungan Hidup ini mengatakan, untuk mendukung upaya pemerintah dalam pengurangan sampah plastik, maka panitia memasukkan materi seminar tentang Peran Perempuan Indonesia dalam Pengolahan Lingkungan Hidup yang kebetulan dibawakan oleh Kadis Lingkungan Hidup, Bambang Irawan.

Nah, bagaimana upaya pemerintah dalam mewujudkan Visi Indonesia Bebas Sampah Plastik 2025? Bambang Irawan menyebutkan, ada dua point besar dalam mewujudkan hal tersebut. Pertama, melakukan upaya pengurangan sampah rumah tangga dan yang kedua melakukan upaya penanganan sampah rumah tangga.

“Pilah sampah dari rumah. Yang tak bisa terurai, ditabung, dan akan menjadi uang,” kata Bambang. Ia pun mengajak masyarakat menabung di bank sampah mengingat sampah juga bernilai ekonomis. “Mulai hari ini kita komitmen mengurangi sampah plastik dengan menabung di bank sampah,” tandas eks Kepala Bappeda ini. (LH)

Pos terkait