PALOPO — Sebagai instansi yang bersentuhan langsung dengan layanan publik, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palopo, mendapat kunjungan Tim Evaluasi dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) yang ditunjuk khusus Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI.
Kedatangan tim LAN Kemenpan RB yang dipimpin Sulistio, diterima Kepala DPMPTSP Palopo, Farid Kasim Judas (FKJ), didampingi sekretaris dinas, beserta kepala-kepala bidang dan seksi di DPMPTSP, Rabu (18/07/2018).
Setelah melakukan evaluasi, Sulistio mengungkapkan, kinerja pelayanan di DPMPTSP Palopo sudah transparan dan akuntabel.
“Kami ke sini (DPMPTSP Palopo) untuk melihat langsung pelayanan perizinan. Tujuannya, agar pelayanan ke masyarakat meningkat, serta memenuhi kemudahan berusaha atau Easy of Doing Business (EoDB). Untuk menghasilkan pelayanan yang baik, harus ditunjang beberapa faktor seperti keramahan petugas, peningkatan fasilitas, hingga ketersediaan sarana dan prasarana bagi penyandang difabel,” terang Sulistio.
Mengenai evaluasi yang dilakukan, mencakup tiga aspek penilaian. Yaitu pertama, kepatuhan terhadap UU pelayanan publik. Kedua, mencari unit pelayanan publik yang dapat menjadi contoh bagi unit lain. Terakhir atau yang ketiga, mendorong pertumbuhan ekonomi dan memberi dampak bagi kesejahteraan masyarakat.
“Terdapat enam indikator yang menjadi perhatian kita selama evaluasi berjalan, diantaranya kebijakan pelayanan yang bersandar pada payung hukum di unit kerja, profesionalisme SDM sesuai kompetensi kepegawaian, termasuk pengembangan kompetensi pegawai, reward, kode etik, serta pendekatan budaya dalam pelayanan. Ketersediaan sarana/prasarana, sistem informasi pelayanan publik, sistem konsultasi dan pengaduan, terakhir inovasi,” paparnya.
Terkait kedatangan tim evaluasi Kemenpan RB, Kepala DPMPTSP Palopo, Farid Kasim Judas, menyatakan pihaknya kapan pun siap dievaluasi dari institusi pemerintah atau pihak yang berwenang lainnya. Karena, dengan adanya evaluasi seperti ini, pihaknya dapat mengetahui kelemahan serta kelebihan sistem pelayanan yang disuguhkan ke masyarakat.
“Setiap saat, kami selalu siap menerima kedatangan tim evaluasi demi meningkatkan mutu pelayanan DPMPTSP Palopo. Selama ini, beberapa program pelayanan telah kami jalankan. Contohnya, penerapan sistem izin online, pelayanan jemput antar perizinan, pelayanan weekend di pusat niaga dan mall, dan masih banyak program berkualitas lainnya,” tutur FKJ.
Sebelumnya, DPMPTSP Palopo pernah ditetapkan sebagai DPMPTSP terbaik kedua setelah DPMPTSP Kota Palu, oleh Ombdusman-RI. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat menggelar monitoring dan evaluasi (monev), beberapa waktu lalu, juga mengapresiasi pelayanan DPMPTSP Palopo yang dinilai cukup transparan dan akuntabel. Apresiasi itu, diucapkan Supervisor Pencegahan KPK, Maruli Tua, saat berada di Palopo. (Rilis)