ADV: Tingkat Kepuasan Penyediaan Air Bersih di Kota Palopo Capai 94,1%

Ket. Foto: H. Yasir, Dirut PAM TM Kota Palopo

PALOPO¬†— Hasil survei yang dikeluarkan oleh lembaga survei Indonesia Local Victory (ILV) terhadap tingkat pelayanan pemerintah Kota Palopo di bawah kepemimpinan HM Judas Amir menempatkan pelayanan air bersih pada tingkat tertinggi dengan angka 94,1 persen.

Data yang dirilis oleh ILV, Rabu (8/11/2017) ini tentu sejalan dengan upaya yang dilakukan oleh Perusahaan Air Minum Tirta Mangkaluku (PAM TM) selama ini. Dimana pihak PAM TM terus berupaya menjangkau semaksimal mungkin penyediaan air bersih kepada seluruh masyarakat Kota Palopo.

Bacaan Lainnya

Direktur Utama PAM TM Kota Palopo, Yasir mengaku surprais dengan hasil survei tersebut. Hal yang paling menggembirakan menurut dia adalah angka kepuasan masyarakat yang berada di atas angka 90 persen.

“Ini tentu sangat membanggakan bagi kami sebagai lembaga yang diberi tugas untuk menyediakan kebutuhan air bersih bagi penduduk Kota Palopo,” ucap Yasir saat ditemui di Kantornya, Kamis (9/11/2017).

Yasir menyebutkan jika hasil survei tersebut akan dijadikan sebagai motivasi bagi PAM TM dalam memberikan pelayanan yang ebih baik lagi bagi masyarakat Kota Palopo agar nantinya seluruhnya bisa terlayani air bersih.

“Kami tak mau berbesar kepala dengan hasil survei ini, namun tentu ini akan menjadi evaluasi bagi kami untuk lebih berbenah dalam peningkatan mutu pelayanan,” tambahnya.

Dikatakannya, sebagai kebutuhan dasar manusi ketersediaan air bersih menjadi hal yang mutlak dilakukan. Tidak hanya itu yang lebih penting lagi menurutnya adalah bagaimana air bersih ini mampu menjagkau seuruh masyarakat. “Itu menjadi kewajiban dan sekaligus tantangan bagi kami,” ujar Yasir.

Keberhasilan PAM TM dalam menyediakan dan memenuhi kebutuhan air bersih selama ini tidak hanya dirasakan manfaatnhya oleh masyarakat Kota Palopo saja namun hal ini juga dilirik oleh perusahaan air minum daerah lain baik yang ada di Sulawesi Selatan mau pun Indonesia.

Salah satunya adalah PDAM Pangkep yang datang melaksanakan studi banding, Jumat (10/11/2017) ke PAM TM terkait berbagai keberhasilan yang dicapai selama ini mulai dari manajemen hingga proses pengolahan air bersih dan pendistribusiannya.

Masyarakat tidak hanya puas pada penyediaan air bersih yang dilakukan oleh PAM TM, namun juga pada pelayanan dalam kemudahan pembayaran rekening yang bisa dilakukan secara online di sejumlah loket pembayaran yang tersebar di penjuru Kota Palopo.

“Khusus pada pelayanan pembayaran ini memang masih ada sedikit kendala terutama pada pembayaran tunggakan penyegelan. Kadang pelanggan mengeluh sudah membayar tunggakan namun segelnya belum dibuka,” ungkap Yasir.

Oleh karenanya Yasir memberi solusi terhadap hal ini dengan meminta ke pelanggan untuk segera menginformasikan pelunasan pembayaran penyegelan tersebut ke pihak PAM TM melalui telepon (0471) 21247 atau SMS ke 085145320000 karena hingga ssat ini ppelunasan pembayaran penyegelan di loket-loket yang ada belum terkoneksi secara otomatis ke PAM TM. “Begitu kami dapat informasi pelunasannya kami akan langsung membuka segel,” kuncinya.

Hingga saat PAM TM Kota Palopo telah melayanai sebanyak 31 ribu lebih pelanggan yang pasokan airnya dilayani oleh 5 unit Instalasi Pengilahan Air Minum (IPAM) yang ada di Murante, Mungkajang, Perumnas Rampoang, Battang dan Batu Papan Kelurahan Padang Lambe.(ADV)

Pos terkait