Utusan 11 Negara Bakal Hadiri Festival I Lagaligo di Soppeng

  • Whatsapp

SOPPENG — Utusan 11 negara siap hadir pada Festival I Lagaligo di Kabupaten Soppeng 17 – 23 Desember mendatang. Pihak panitia menyiapkan akomodasi penginapan 500 rumah penduduk untuk menampung tamu yang hadir.

Sekretaris Panitia Festival I Lagaligo, A Agus PH Rauf mengatakan festival budaya dan seminar international menghadirkan pemateri dari luar negeri dan dalam negeri. Mereka berasal dari, Australia, Filifina, Malaysia, Jerman, Inggris, Singapura, Amerika, Belanda, Jepang, Brunei dan Finlandia.

“Pemateri dari 11 negara menyatakan kesiapannya hadir. Dan ada beberapa negara lain juga siap menjadi tamu dalam festival tersebut,” kata Agus PH Rauf, Rabu 12 Desember.

Agus menambahkan panitia sudah melakukan berbagai persiapan dalam menyambut acara itu. Panggung utama berbahan dasar bambu dan atap rumbiah sudah jadi. Stand lainnya kini dikebut pekerjaannya dan ditarget rampung sebelum hari H.

“Dalam festival budaya itu menampilkan permainan tradisional, seperti mattojang, maggasing, oni oni toriolo dan lain. Ada 500 orang peserta terdiri dari 400 orang dari luar Kabupaten Soppeng, dan 100 orang dari Kabupaten Soppeng. Peserta seminar international ada dari akademisi, tokoh masyarakat, tokoh agama,” tambah Agus seperti dilansir FajarOnline.co.id.

Bupati Soppeng, A Kaswadi Razak mengharapkan dukungan berbagai pihak untuk mensukseskan festival I Lagaligo jilid 3 ini. Menurutnya ajang ini bisa menjadikan Soppeng lebih dikenal masyarakat luas dan menarik kunjungan wisatawan ke Soppeng.

“Festival ini akan membeda naskah I Lagaligo yang merupakan naskah terpanjang di dunia. Sastra I Lagaligo merupakan karya monumental yang sangat luar biasa yang bisa menjadi pelajaran bagi generasi penerus,” jelasnya. (F/Ist/**)

Pos terkait