Verifikasi Kabupaten Sehat, Camat Sultan Sarankan Lakukan Ini 

  • Whatsapp

Masamba — Pelaksanaan Verifikasi Kabupaten Sehat Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tinggal menghitung hari. Tepatnya pada 9 – 10 Januari 2019 mendatang. Untuk menyukseskan pelaksanaan verifikasi tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara tengah bersiap melakukan segala persiapan menyambut kedatangan tim verifikasi.

Apa yang harus dilakukan Dinas Kesehatan bersama tim lainnya dalam menyambut verifikasi tersebut? Dinkes tentu tidak akan melupakan kebanggaan 2017 kemarin di saat penghargaan Kabupaten Sehat kategori Wistara berhasil diraih. Salah satu kunci sukses atas raihan tersebut adalah Anjas Rusli yang saat ini menjabat sebagai Camat Sukamaju Selatan (Sultan).

Pada rapat persiapan kemarin, Dinkes mengundang Camat Sultan untuk memberikan sumbangsih pemikiran, terkait upaya-upaya apa yang harus dilakukan. Anjas yang berbicara langsung di hadapan tim kabupaten sehat tetap optimis bahwa penghargaan Wistara masih bisa dipertahankan, tapi dengan catatan, ada tujuh hal yang harus dilakukan.

“Masih ada beberapa hari lagi kita mempersiapkan diri. Tetap optimis, karena verifikasi tingkat provinsi adalah bagian dari pembinaan. Intinya ada di tingkat pusat,” ujar Anjas. Tujuh hal yang harus dilakukan menurut Anjas adalah: (1) Kesiapan kelembagaan dari kabupaten sampai desa/kelurahan karena porsi terbesar ada di kelembagaan; (2) Kesiapan kelengkapan dari Forum Kabupaten Sehat, terkait Sekretariat, SK, dan Program kerja.

Yang berikutnya: (3) Forum Komunikasi Kecamatan Sehat harus ada SK, Sekretariat dan Program Kerja; (4) Pokja desa/kelurahan harus ada SK, sekretariat dan program kerja; (5) Menyiapkan lokus yang ada inovasinya sesuai tatanan yang terpilih; (6) Nilainya harus memenuhi ambang batas dari sisi administrasi dokumen, dan (7) Harus ada dokumentasi dari masing-masing kelembagaan yang ada. (LH/HMS)

Pos terkait