Banjir di Luwu, Empat Desa Terendam

  • Whatsapp

MEDU-ONLINE.PALOPO – Hujan mengguyur Kabupaten Luwu, Sulsel sejak Jum’at 27 Agustus 2021 malam hingga Sabtu subuh.

Kurang lebih delapan jam hujan hingga mengakibatkan beberapa desa di Kabupaten Luwu terendam banjir.

Bupati Luwu, Dr H Basmin Mattayang yang turun langsung memantau di Desa Temboe, Kecamatan Larompong Selatan, Sabtu (28/8/2021), mengatakan bahwa curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan ada 4 desa yang terendam banjir.

“Berdasarkan assesment sementara BPBD, ada 4 desa yang terendam banjir, yakni Desa Temboe, Sampano dan Dadeko di Kecamatan Larompong Selatan serta Desa Rantebelu di Kecamatan Larompong,” ungkap H Basmin Mattayang.

Musibah banjir ini menyebabkan 460 unit rumah, 4 unit tempat ibadah, 4 sekolah dan kantor desa terendam banjir. Masyarakat juga diperkirakan gagal panen akibat 190 hektar sawah dan 120 hektar tambak ikut terendam.

“Tim dari BPBD masih terus melakukan pendataan terkait jumlah kerusakan dan kerugian materi masyarakat. Kepada masyarakat yang terdampak agar bersabar menghadapi musibah ini, Insya Allah secepatnya pemerintah akan menyalurkan bantuan,” jelas H Basmin Mattayang.

Banjir juga merendam poros jalan trans Sulawesi yang sempat menyebabkan kemacetan, namun kini dapat dilalui berkat kerjasama aparat TNI-Polri dan masyarakat. (Int)

Pos terkait