Bimtek di Palopo, Panwaslu Luwu Wanti-wanti Transparansi Anggaran

  • Whatsapp

PALOPO — Panwaslu Kabupaten Luwu menggelar bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kapasitas staf sekretariat panitia pengawas pemilihan umum kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Luwu di Hotel Mulia Indah, Jumat 2 Maret 2018.

Kegiatan bimtek ini diikuti oleh perwakilan 22 Panwascam yang ada di Kabupaten Luwu guna peningkatan kapasitas mereka dalam event politik, baik dalam Pilkada Luwu, Pilgub Sulsel serta jelang Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden 2019 mendatang.

Bacaan Lainnya

Komisioner Panwaslu Luwu, Koordinator SDM dan Organisasi, Abdul Latif Idris dihadapan peserta bimtek mengatakan, kegiatan ini untuk memperkuat kapasitas Panwascam agar tak ada lagi sekretariat panwascam yang tidak menjalankan tugas secara profesional terkait bidang tugas pokoknya baik secara administrasi maupun keuangan dan kegiatan Panwascam di wilayahnya masing-masing.

Latif menekankan soal transparansi anggaran, agar tak muncul tanggapan miring dan kecurigaan publik, sehingga Panwaslu secara keseluruhan mendapat kepercayaan masyarakat, yang implikasinya pada peningkatan kualitas Pilkada maupun Pemilu itu sendiri.

“Jangan ada ruang orang (publik) menjadi tidak percaya pada kita, karena kita sendiri yang tidak terbuka dan transparan, misalnya soal RKA, anggaran kegiatan dan lain sebagainya, karena itu membuat orang curiga dan kurang percaya pada apa yang kita kerjakan,” papar Latif.

Rencananya, kegiatan bimtek ini digelar selama dua hari, 2 hingga 3 Maret 2018 dengan narasumber dari internal Panwaslu Kabupaten Luwu sendiri.(*)

Pos terkait