DP3A Provinsi Sulawesi Selatan Helat TOF Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat di Masamba

  • Whatsapp

LUWU UTARA — Training Of Fasilitator (TOF) perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat (PATBM) oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Provinsi Sulawesi Selatan dihelat dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) Luwu Utara, dr Marhani di Aula Hotel Remaja Indah Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Kamis (13/9/2018).

Tujuan dari penyusunan pedoman PATBM adalah fasilitator dan relawan mampu mendampingi masyarakat dalam pengembangan PATBM sebagai salah satu indikator KLA dengan cara mencegah kekerasan terhadap anak dan menanggapi kekerasan. Yang manjadi sasaran utama yang akan dilindungi adalah anak.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. Askari, M.Si melalui Kepala Bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak (PHPA) DP3A Sulawesi Selatan, Nur Anti mengatakan bahwa untuk mewujudkan perlindungan anak tersebut, diperlukan perubahan sismetik, tidak saja pada anak anak tetapi juga pada lingkungan yang paling berpengaruh terhadap kehidupan anak anak. Maka dari itu sasaran kita ialah anak, orang tua, keluarga dan masyarakat yang ada di wilayah PATBM itu di laksanakan.

“Kegiatan PATBM juga mencakup upaya untuk menolong korban kekerasan, memberi dukungan agar mereka segera mendapatkan pelayanan yang diperlukan serta memberi dukungan untuk pemulihan (rehabilitasi) dan reintegrasi,” ujarnya.

Nur Anti melanjutkan, untuk pencegahan kekerasan terhadap anak dan merespon atau menanggapi jika terjadi kekerasan terhadap anak maka melalui pengembangan jejaring kami menyediakan pelayanan pendukung yang terjangkau dan berkualitas seperti P2TP2A, Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), Puskesmas, Polsek, Lembaga Bantuan Hukum (LBH), Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Institusi Sosial yang ada di masyarakat.

Selain training of fasilitator PATBM peserta juga di haruskan menggambar wilayah desa masing masing. Peserta kegiatan dari Desa Wonokerto Kecamatan Sukamaju, Desa sukaraya Kecamatan Bone bone dan Kabupaten Luwu Timur. (Put/*)

Pos terkait