Ini Dia Tokoh Aktivis Riau Yang Gemar Beternak Ayam Bangkok

LARSHEN YUNUS KETUA GAMARI
Keterangan Foto : Sebelah Kiri, Larshen Yunus - Ketua Presidium GAMARI dan Sebelah Kanan, Khairul Ikhsan Chaniago - Sekjen GAMARI.

PEKANBARU, MEDIADUTAONLINE.COM – – Siapa sangka kalau Larshen Yunus, yang merupakan salah seorang tokoh aktivis riau gemar dalam memelihara bermacam-macam jenis unggas, diantaranya sampai hari ini (28/04/2018) pria berperawakan tinggi tegap tersebut masih gemar beternak ayam bangkok.

Selain berkutat dalam dunia kerjanya, yakni sebagai Tentor disalah satu Lembaga Pendidikan Luar Sekolah, Kegiatan sehari-hari Yunus, sapaan akrab dari Ketua Presidium Pusat Gamari tersebut juga hidup bersama dengan puluhan jenis ayam bangkok, ayam kampung dan jenis ayam hias, yang berada dalam satu komplek kandang miliknya.

Bacaan Lainnya

Bagi Yunus, beternak ayam merupakan suatu kesenangan tersendiri baginya selain menjalankan kegiatan belajar mengajar. “Dahulu saya juga sempat mengajar di beberapa kampus di Kota Pekanbaru ini, basic saya memang menjadi seorang tentor, termasuk pada tahun 2015 yang lalu saya juga pernah mengabdi sebagai Guru di SMA Negeri¬† 9 Pekanbaru dan sekolah swasta lainnya” tutur Yunus.

Dalam beberapa tahun ini, mulai saya tamat dari SMP Negeri 8 Pekanbaru, hasrat untuk beternak dan menyayangi unggas memang sudah muncul.  Yunus juga katakan, bahwa kecintaan dirinya terhadap unggas memang sudah lama terlebih kepada jenis ayam bangkok. Baginya beternak ayam adalah momentum untuk mendekatkan diri kepada alam, Beternak adalah kesempatan baginya untuk bersantai sejenak dari rutinitas kerja sehari-hari.

“Untuk saat ini, alhamdulillah saya sudah berhasil memelihara beberapa generasi dari jenis ayam bangkok yang kita miliki. Walaupun ada juga beberapa kendala yang mesti saya lalui, seperti anak ayam yang lahir prematur, yang berpotensi tidak selamat alias mati, ya… namanya saja prematur, kalau tak dipijak induknya, bisa jadi dimakan kucing” jelas Yunus, menjawab pertanyaan dari awak media.

Yunus kembali menjelaskan, bahwa dalam memelihara ayam yang jumlahnya puluhan atau bahkan ratusan ekor, tentunya harus ada strategi yang cukup matang, diantaranya dengan cara melepaskan ayam-ayam tersebut dari kandangnya menjelang siang hari. Seraya membersihkan kandang-kandang tersebut, ayam-ayam juga dapat bergerak bebas kemana-mana, supaya otot-otot yang dimiliki ayam tersebut bisa rilek sejenak.

Adapun jenis ayam yang diternak oleh Larshen Yunus, terdiri dari beberapa golongan, yaitu ayam Bangkok (Jantan-Betina), ayam campuran (Bangkok-Kampung), ayam kate, ayam hutan, ayam kapas dan beberapa jenis burung, seperti merak dan burung merpati balap.

Perlu diketahui, bahwa ayam-ayam tersebut diternakkan, agar bisa dipasarkan. “Bilamana ada dari antara kita yang butuh dan ingin memiliki ayam jenis seperti penjelasan diatas, maka dengan rasa hormat pintu rumah saya terbuka dengan lebar.

“Harga ayam milik saya terbilang murah, tapi bukan murahan. Ayam yang saya ternak masuk dalam kategori super. oleh karena itu, bagi siapa saja yang ingin memiliki ayam bergegaslah mampir kerumah saya. Alamatnya terletak di Jalan Lobak, Simp Ardat, Kelurahan Delima-Kecamatan Tampan” akhir Yunus dalam wawancara singkatnya. ***

 

Reporter : Artha Arman Bachtiar

Editor : Muhammad Alkindi Fauzi

 

Berikut Ini Beberapa Dokumentasi Foto Peternakan 
Ayam Milik Larshen Yunus  (Yunus Ketua GAMARI) :


 

 

 



 

 


 

 

 

Pos terkait