Kalah dari Swiss Lewat Adu Penalti, Perancis Tertahan di 16 Besar Piala Eropa

  • Whatsapp

MEDU.ONLINE.PALOPO – Hasil babak 16 besar Euro 2020 antara Prancis vs Swiss berlangsung dramatis dan penuh kejutan. Pertandingan harus berakhir melalui adu penalti dengan skor 4-3, di mana Swiss keluar sebagai pemenang.

Swiss sukses menggenggam tiket perempat final Euro 2020 setelah meraih kemenangan dalam laga yang berlangsung di National Arena, Selasa (29/06/21).

Gol Prancis dicetak oleh Karim Benzema (57′,59′) dan Paul Pogba (75′). Sementara gol Swiss diborong Haris Seferovic (15′,81′) dan Mario Gavranovic (90+1′).

Skor 3-3 bertahan hingga babak perpanjangan waktu. Swiss akhirnya meraih kemenangan secara dramatis setelah unggul 4-3 dalam babak adu penalti.

Berikut penjelasan tentang jalannya pertandingan Prancis vs Swiss di babak 16 besar Euro 2020.

Babak Pertama:

Prancis tampil agresif di awal babak pertama. Ketika pertandingan baru memasuki menit kedua, Antoine Griezmann mengirimkan umpan kepada Raphael Varane.

Akan tetapi Varane belum bisa mengeksekusi umpan itu dengan cara yang mengecewakan. Memasuki menit ke-15, Timnas Prancis kecolongan. Steven Zuber menunjukkan teknik hebat dengan melepaskan operan lambung ke dalam kotak penalti.

Haris Seferovic kemudian menyambut umpan tersebut melalui sundulan hingga berujung gol. Kedudukan sementara 1-0, Swiss unggul atas Prancis.

Gol tersebut jadi pukulan menyakitkan bagi Prancis. Meski demikian, tim berjuluk Ayam Jantan itu berusaha bangkit. Di menit ke-27 Prancis mendapatkan peluang. Kylian Mbappe mencoba membelokkan tendangan bebas dari batas kotak penalti.

Namun, pagar betis lawan berhasil memblokir upayanya dengan mudah. Tak lama kemudian Prancis kembali mendapatkan peluang.

Adrien Rabiot melepaskan tembakan di menit ke-29, akan tetapi meleset tipis ke kanan gawang. Setelah itu Prancis tidak berhasil menciptakan gol balasan hingga akhir babak pertama.

Babak Kedua

Swiss langsung tancap gas di babak kedua. Di menit ke-52 salah satu pemain Swiss dilanggar oleh pemain bertahan lawan.

Wasit pun memutuskan untuk memberi hadiah penalti kepada Swiss setelah mengecek VAR. Ricardo Rodriguez yang ditunjuk sebagai algojo gagal mencetak gol setelah tendangannya berhasil ditepis oleh kiper Timnas Prancis, Hugo Lloris.

Tak lama kemudian, Karim Benzema membuat kejutan dengan mencetak dua gol beruntun yakni di menit ke-57 dan ke-59.

Kedudukan sementara 2-1, Prancis unggul. Dua gol balasan itu membuat para suporter Swiss tertunduk lesu. Setelah itu Paul Pogba menambah keunggulan Prancis melalui gol di menit ke-75. Skor sementara 3-1, Prancis unggul atas Swiss.

Di menit-menit akhir babak kedua, Haris Seferovic berhasil kembali menceploskan gol yang membuat Swiss mengantongi dua gol.

Kejutan belum berakhir. Di menit ke-90+1, Mario Gavranovic mencetak gol yang membuat skor imbang 3-3. Alhasil laga harus berlanjut ke perpanjangan waktu.

Akan tetapi tidak ada gol yang tercipta di babak perpanjangan waktu, sehingga penalti pun harus dilangsungkan.

Mario Gavranovic, Fabian Schar, Manuel Akanji, Ruben Vargas, Admir Mehmedi adalah sejumlah algojo Swiss yang sukses mencetak gol.

Sedangkan dari kubu Prancis, Paul Pogba, Olivider Giroud, Marcus Thuram, dan Persnel Kimpembe juga sukses mencetak gol.

Kylian Mbappe jadi satu-satunya algojo Prancis yang gagal mempersembahkan gol. Swiss pun berhasil menang secara dramatis dengan skor 4-3 dalam babak penalti.

Susunan Pemain:

Prancis (3-4-1-2): Hugo Lloris; Raphael Varane, Lenglet, Kimpembe; Pavard, Pogba, Kante, Rabiot; Antoine Griezmann, Karim Benzema, Kylian Mbappe.

Swiss (3-4-1-2): Sommer; Rodriguez, Akanji, Elvedi; Zuber, Xhaka, Freuler, Widmer; Xherdan Shaqiri; Embolo Seferovic. (*)

 

 

Pos terkait