Di Acara Raker Panwaslu, Bupati Luwu Utara Titip Pesan Ini

MASAMBA — Rapat kerja pelaksanaan pengawasan pemilihan dalam rangka pemilihan gubernur dan wakil gubernur tahun 2018 serta Pemilihan Umum anggota DPR RI, DPD, dan DPRD Provinsi dan Kabupaten¬† disertai Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 yang dilaksanakan di Aula Hotel Remaja Masamba, Rabu 15/11/2017.

Kepala Sekretariat¬† Pengawas Pemilihan (Panwas) Kabupaten Luwu Utara Eka Erawati dalam laporannya mengatakan, “Kegiatan ini merupakan upaya membangun komunikasi antar lembaga pengawasan serta membangun sinergitas dalam mengakselarasi upaya pengawasan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulsel dan Pemilihan Umum anggota DPR, DPD, DRPD serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengatakan, sebagai upaya peningkatan kualitas Pilkada dan Pemilu antara lain terjaminnya pelaksanaan hak politik masyarakat dan perannya dalam dinamika birokrasi sangat ditopang oleh para penyelenggara pemilu dalam hal ini lembaga pengawas.

Rapat kerja ini, kata dia, merupakan salah satu mekanisme konsulidasi dalam kelembagaan agar terjalin komunikasi terstruktur dan terbangun penguatannya melalui aktifitas kerja.

Diharapkan setelah kegiatan ini para pengawas mampu meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat dalam melaksanakan hak politiknya.

Ia juga mengatakan jika Bawaslu yang kini mempunyai hak mendiskualifikasi calon legislatif, paslon bupati dan wabub, serta paslon gubernur dan wakil gubernur apa bila terjadi pelanggaran demokrasi.

Dalam bagian akhir sambutannya, bupati cantik ini menitipkan harapannya agar ke depan, tingkat partisipasi wanita pada pemilihan-pemilihan selanjutnya untuk bisa lebih meningkat lagi.

Selain Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, kegiatan ini dihadiri pula Ketua Bawaslu Provinsi Sulsel Laode Arumahi, Kapolres Luwu Utara yang diwakili oleh Wakapolres Sukmana, Perwira Penghubung (Pabung) Mayor Inf. Sengke, Kajari Masamba yang diwakili oleh Kasi Pidsus Syarbini, Staf Ahli Bidang Politik, Hukum dan HAM Hakim Bukara, Asisten 1 Bidang Kesra Andi Sarappi, Ketua Panwas Luwu Utara Muhajirin, Ketua KPUD Luwu Utara Suprianto dan Panwas Kecamatan serta Staf Sekretariat sebanyak 48 peserta dari 12 kecamatan.(Putri/*)

Pos terkait