Nanti Malam Leg Kedua Playoff Timnas Indonesia Menuju Piala Asia 2023, Prediksi dan Analisanya Begini

  • Whatsapp
Timnas Indonesia. (Foto: bolatimes.com)

MEDU-SPORTS |  Anak asuhan coach Shin Tae-yong memang meraih kemenangan 2-1 atas Taiwan di leg pertama playoff Kualifikasi Piala Asia 2023, Kamis (7/10/2021) lalu.

Tapi, kemenangan tipis itu belum membuat skuat Garuda dalam posisi yang aman untuk lolos.

Bacaan Lainnya

Menghadapi Taiwan di leg pertama, anak asuh Shin Tae-yong berhasil tampil dominan. Timnas Indonesia mampu membuka keunggulan pada menit ke-16 berkat Ramai Rumakiek yang suskes mengolongi kiper lawan.

Rumakiek berhasil memperlihatkan aksi individu usai mendapatkan umpan silang Miftah Sani. Wonderkid Persipura Jayapura itu sangat tenang mengelabuhi lawan.

Gol kedua Indonesia dicetak oleh Evan Dimas. Gol ini berawal dari umpan manis Kushedya Hari Yudo ke kotak penalti. kemudian disambar oleh sepakan kapten Timnas Indonesia yang muncul dari lini kedua.

Baca Juga: MOLA Elite Pro Academy U-16 dan U-18 Bergulir Senin Pekan Depan, Hasil Drawing: PSM dan Madura United Satu Grup

https: img.okezone.com content 2021 10 11 51 2484282 prediksi-line-up-timnas-indonesia-vs-taiwan-di-leg-ii-playoff-kualifikasi-piala-asia-2023-3sICKUGR0Y.jpg
Pertandingan Timnas Indonesia vs Taiwan di babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Thailand, Kamis (7/10/2021) malam WIB (dok. PSSI)

Tim Merah Putih sejatinya berhasil mendapatkan banyak peluang dalam laga itu. Namun sayang, penyelesaian akhir dan bagusnya kiper lawan membuat timnas hanya mencetak dua gol.

Bukan hanya itu, fokus para pemain timnas juga disayangkan saat memasuki menit akhir pertandingan. Sebab, Indonesia yang mendominasi malah kecolongan gol dari Taiwan.

Heng Pin Hsu berhasil memanfaatkan kelengahan barisan pertahanan skuad Garuda saat menghadapi situasi set piece. Satu gol itu sangat berarti karena laga ini menggunakan sistem home away.

Di leg pertama itu, Indonesia berstatus sebagai tim kandang. Maka dari itu, Taiwan yang bertindak sebagai tim tamu kegirangan bisa menjebol satu gol, meski tampil buruk sepanjang laga.

Dengan situasi itu, posisi Timnas Indonesia masih belum aman di leg kedua nanti untuk lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023. Oleh sebab itu, ada tiga skema atau skenario bagi anak asuh Shin Tae-yong agar mereka berhasil mengamankan tiket ke babak selanjutnya, mengutip bolatimes.com.

1. Menang

Jika Indonesia berhasil menang menghadapi Taiwan di leg kedua dengan hasil berapapun. Otomatis skuat Garuda dipastikan lolos ke babak Kualifikasi Piala Asia 2023.

2. Imbang

Hasil imbang di leg kedua cukup untuk membuat Timnas Indonesia lolos. Pasalnya, saat ini Evan Dimas dkk masih unggul agregat 2-1 dari Taiwan. Jadi, imbang dengan skor berapapun membuat skuat asuhan Shin Tae-yong akan melaju ke Kualifikasi Piala Asia 2023.

3. Kalah

Skema terburuk jika Indonesia kalah, masih ada harapan untuk lolos. Akan tetapi, ada syarat yang harus dipenuhi.

Pada leg kedua ini, Timnas Indonesia akan menjadi tim tamu. Maka dari itu, jika Indonesia kalah dengan minimal selisih satu gol serta mencetak dua gol atau lebih (misal kalah 2-3, 3-4 atau seterusnya), mereka bisa menyingkirkan Taiwan.

Sebab, Indonesia berhak lolos dengan agregat gol tandang. Pasalnya, Taiwan sendiri hanya bisa mencetak satu gol ketika berstatus sebagai tim tamu.

Baca Juga: Tundukkan Sport FC 3-1, Saputra Old Star Didapuk Sebagai Jawara Liga Super JSM Palopo 2021

Prediksi Line Up

Mengutip Okezone.com, line up malam nanti antara Taiwan versus Indonesia tidak terlalu banyak berubah dari leg pertama lalu.

Saat merumput di Stadion Chang Arena, Buriram, Thailand, Senin (11/10/2021) pukul 21.00 WITA, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, diprediksi kembali menurunkan pola andalannya yakni 4-2-3-1. Hanya saja, diprediksi ada sejumlah perubahan susunan pemain dalam laga kali ini.

Di posisi penjaga gawang, kiper Barito Putera Muhammad Riyandi diprediksi masih jadi andalan. Kemudian, empat bek sejajar dipercayakan kepada kuartet Asnawi Mangkualam, Victor Igbonefo, Fachruddin Aryanto dan Pratama Arhan.

Pratama Arhan kemungkinan diturunkan sejak awal laga karena Miftah Sani sempat mengalami masalah pada kakinya di laga pertamanya. Kemudian untuk gelandang double pivot, masih dipercayakan kepada Evan Dimas dan Rachmat Irianto.

Rachmat Irianto berperan sebagai pemutus serangan Taiwan di laga pertama. Karena itu, pemain Persebaya Surabaya ini diprediksi kembali menjadi andalan.

Sebelumnya, Ramai Rumakiek yang mencetak gol di laga pertama, sempat mengalami cedera pada kakinya. Hanya saja, dokter Timnas Indonesia mengatakan Ramai Rumakiek cuma mengalami cedera ringan dan siap kembali merumput.

Debut di Timnas, Ramai Rumakiek Kaget dengan 'Perjudian' Shin Tae-yong - INDOSPORT
Ramai Melvin Rumakiek saat mencetak gol perdananya bagi Timnas Indonesia, Kamis lalu (7/10). (Foto:  indosport.com)

Selanjutnya, Ricky Kambuaya kembali beroperasi sebagai second striker, mendukung penyerang tunggal Kushedya Yudo. Jadi, sanggupkah komposisi pemain ini membantu Timnas Indonesia memenangkan pertandingan?

Timnas Indonesia menang 2-1 atas Taiwan dalam laga yang dilangsungkan, Kamis 7 Oktober 2021. Untuk lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, Timnas Indonesia hanya butuh hasil imbang dalam laga nanti malam.

Berikut prediksi line up Timnas Indonesia vs Taiwan:

Chinese Taipei (4-2-3-1): Shin Shin-an; Lin Cheng-ui, Chen Ting-yang, Liang Meng-xin, Hsieh peng-long; Cheng Hao, Wu Yen Shu; Cai Lijing; Wu Chun-ching, Li Mao; Lee Hsiang Wei

Pelatih Interim: Yeh Hsien-chung

Timnas Indonesia (4-1-4-1): Muhammad Riyandi; Asnawi Mangkualam, Victor Igbonefo, Fachrudin Aryanto, Pratama Arhan; Rachmat Irianto; Egy Maulana Vikri, Evan Dimas, Syahrian Abimanyu, Adam Alis; Kushedya Yudo

Pelatih: Shin Tae-yong

Prediksi Bola.com: 45-55

Prediksi Medu-Online: 2-0

(*)

Pos terkait